HUT ke-492 DKI Jakarta Angkat Konsep Ekonomi Kreatif Ibu Kota

CNN Indonesia | Jumat, 21/06/2019 01:53 WIB
HUT ke-492 DKI Jakarta Angkat Konsep Ekonomi Kreatif Ibu Kota Monas DKI Jakarta. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengadakan sejumlah acara pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-492 DKI Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan perayaan HUT tahun ini berkonsentrasi mengangkat ekonomi kreatif dan seni.

"Rangkaian acara yang telah kami siapkan dan mendukung berbagai karya anak Jakarta, karya bangsa kita ini, sehingga ke depannya semakin memajukan perekonomian di Jakarta dengan produk-produk kreatif buatan lokal," ujar kata Anies dalam keterangan tertulis, Kamis (20/6).

Acara dilakukan di sejumlah titik. Pertama akan ada kegiatan Live Mural di Terowongan Jalan Kendal, Jakarta Pusat. Akan ada pelukisan di dinding sepanjang terowongan sisi utara tanggal 17 hingga 21 Juni 2019, mulai pukul 09.00 hingga 18.00 WIB.


Titik kedua ialah di Kota Tua dengan nama 'Semasa' yakni konsep piknik bersama. Selain itu akan ada bazar di luar ruangan dan warga dapat melihat, membeli, dan menikmati berbagai produk kreatif di acara ini.

"Di sana mulai dari pakaian, keramik, hingga kuliner. Lebih dari 60 pembuat produk kreatif yang akan ikut berpartisipasi," ujar Anies.


Titik terakhir ialah di Lapangan Banteng pada 22Juni hingga 23 Juni 2019 dimulai pukul 10.00 hingga 18.30 WIB. Sebagai penutup acara, terdapat pertunjukan Air Mancur Menari yang bisa dinikmati pengunjung pada pukul 18.30, 19.30, dan 20.15 WIB.

Tak hanya di Jakarta, acara juga dilakukan di Kepulauan Seribu dengan tajuk Seribu Islands 'Indie Festival' di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, pada 22 Juni 2019. Acara dimulai pada pukul 15.30 hingga 24.00 WIB.

Terakhir, acara puncak akan mengusung tema Jakarnaval pada 30 Juni 2019 dari pukul 15.30 hingga 22.00 WIB. Acara ini akan diisi dengan parade kesenian dan budaya serta parade kendaraan hias.

"Parade dilakukan dengan berjalan kaki dimulai dari Kedutaan Besar Amerika Serikat, depan Balai Kota Jakarta, mengarah ke Jl MH. Thamrin, berputar di perempatan depan Sarinah untuk kembali ke arah Monas dan berakhir di Pintu Silang Barat Daya Monas," jelas Anies.


Sedangkan, parade kendaraan hias akan dimulai dari Kedutaan Besar Amerika Serikat, depan Balai Kota Jakarta, mengarah ke Jl. MH Thamrin, berputar di Bundaran HI, kembali ke arah Jl. Medan Merdeka Utara. Kemudian melewati Patung Arjuna Wijaya terakhir mengakhiri parade di depan kantor RRI.

Terapkan Rekayasa Lalu Lintas

Dinas Perhubungan DKI Jakarta melakukan rekayasa lalu lintas menyusul diselenggarakannya HUT ke-492 DKI Jakarta. Rekayasa dilakukan mulai dari hari Jumat (21/6) bertepatan dengan Gladi Resik acara dan pada Sabtu (22/6) pada malam puncak acara.

Pelaksana tugas (Plt) Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko menjelaskan pertama, penutupan jalan dilakukan di sisi Utara Bundaran Hotel Indonesia pada pukul 14.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Kemudian ruas Jalan Sutan Syahrir mulai ditutup pada pukul 05.00 WIB sampai dengan selesai.

"Pengalihan arus lalu lintas dilakukan dari arah Sarinah yang belok kiri menuju Jalan Sutan Syahrir dialihkan lurus ke arah Jalan Imam Bonjol atau Sudirman," kata Sigit dalam keterangan tertulis, Kamis (20/6).


Sementara arus lalu lintas dari arah Kebon Kacang yang akan lurus menuju Sutan Syahrir atau putar balik ke arah Jalan Sudirman dialihkan belok kiri menuju Jalan MH Thamrin.

Arus lalu lintas dari arah Dukuh Atas yang akan belok kanan menuju Jalan Sutan Syahrir dialihkan lurus menuju Jalan MH Thamrin.

Kedua, pada malam puncak juga akan diadakan penutupan sejumlah jalan, yakni ruas Jalan Jendral Sudirman sisi Barat yakni dari Duku Atas hingga Bundaran HI dan ruas Jalan Imam Bonjol yakni dari Bundaran HI hingga Agus Salim.

"Dengan penutupan jalan ini maka akan ada pengalihan bus Koridor I Blok M-Kota," ujar dia.

Dengan penutupan jalan tersebut diadakan pengalihan arus lalu lintas yakni dari arah KH Wahid Hasyim yang akan Menuju Jalan MH Thamrin dialihkan lurus ke Wahid Hasyim Sisi Barat. Arus lalu lintas dari Jalan Teluk Betung yang menuju Bundaran HI akan diarahkan putar balik.

"Jalan Imam Bonjol ke Bundaran HI dialihkan belo kiri menuju Jalan Pamekasan atau belok kanan menuju Jalan Agus Salim," terang dia.


Terakhir, arus lalu lintas dari arah Semanggi yang akan menuju Bundaran HI dialihkan belok kiri  menuju Jalan RM Margono Djodjohadikoesoemo.

Sigit juga menambahkan telah menyediakan kantong parkir di IRTI, Monas dan Park and Ride Thamrin 10. Kemudian Jalan Imam Bonjol dan Plaza Mandiri.

"Kami mengimbau kepada para pengguna jalan agar dapat menyesuaikan peraturan lalu lintas yang ditetapkan dan mematuhi rambu serta petunjuk petugas di lapangan," tutup dia.

[Gambas:Video CNN] (ctr/DAL)