Tolak IMB Reklamasi, Belasan Mahasiswa Desak KPK Usut Anies

CNN Indonesia | Kamis, 27/06/2019 17:12 WIB
Tolak IMB Reklamasi, Belasan Mahasiswa Desak KPK Usut Anies Belasan mahasiswa dari Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jakarta Timur berunjuk rasa di Balai Kota DKI Jakarta menolak IMB Reklamasi. (CNN Indonesia/Ciputri Hutabarat).
Jakarta, CNN Indonesia -- Belasan mahasiswa yang berasal dari Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jakarta Timur berunjuk rasa di dalam Balai Kota DKI Jakarta. Mereka beraksi menolak penerbitan IMB Reklamasi dan mendesak KPK memeriksa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Aksi ini terbilang mendadak dan mulanya hanya diikuti enam orang saja. Mereka tiba-tiba hadir di tengah-tengah gedung antara Balai Kota dan DPRD DKI Jakarta. Sontak aksi mereka mengejutkan banyak pihak karena aksi dilakukan di dalam gedung.

Setengah jam berorasi, Petugas Pengamanan Dalam (Pamdal) menertibkan para mahasiswa tersebut. Para pamdal meminta agar para mahasiswa bisa bergerak menuju Jalan Medan Merdeka Selatan untuk melakukan aksi, bukan di dalam lingkungan Balai Kota.


Saat akan digiring, sempat terjadi aksi dorong mendorong antara Pamdal dan mahasiswa. Seorang orator berteriak bahwa mereka hanya ingin menyampaikan aspirasinya.

"Ini rumah rakyat, kami hanya ingin sampaikan aspirasi," kata salah seorang orator di lokasi, Kamis (27/6).

Namun salah satu anggota Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meminta agar para orator tidak melakukan aksi di dalam area Balai Kota-DPRD DKI.

"Kalau memang mau audiensi kita siapkan. Beritahu kami," ujar dia.

Kemudian mereka digiring menuju depan Balai Kota Jalan Medan Merdeka Selatan. Di lokasi itu, jumlah mereka bertambah menjadi sekitar belasan.

Dalam kegiatan itu, mereka membawa spanduk dan foto-foto bergambar janji Anies soal reklamasi. Mereka juga melakukan bakar ban namun langsung dipadamkan oleh Pamdal Balai Kota.

Dalam spanduk yang berisikan aspirasi, mereka menuntut sejumlah hal. Beberapa di antaranya menolak pembangunan reklamasi, menolak IMB Pulau D, dan mendesak KPK mengusut dan memeriksa Anies Baswedan.

Mereka juga menuntut agar KPK mengusut aliran dana reklamasi dari pengembang hingga kepada anggota dewan.

Diketahui IMB Reklamasi oleh Anies Baswedan menjadi sorotan publik. Sebab langkah Anies dinilai banyak pihak bertolak belakang dengan janji kampanye di Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu.

[Gambas:Video CNN] (ctr/osc)