Jokowi Apresiasi Kepercayaan Masyarakat ke Polri Meningkat

CNN Indonesia | Rabu, 10/07/2019 14:45 WIB
Jokowi Apresiasi Kepercayaan Masyarakat ke Polri Meningkat Presiden Joko Widodo di HUT ke-73 Bhayangkara. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo mengapresiasi tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri yang terus meningkat. Jokowi pun menghargai indeks reformasi birokrasi Korps Bhayangkara yang mengalami peningkatan.

Hal itu disampaikan Jokowi saat memberikan amanat dalam upacara perayaan HUT ke-73 Bhayangkara, di Lapangan Monas, Jakarta, Rabu (10/7).

Presiden terpilih 2019 itu turut mengapresiasi capaian laporan keuangan Polri yang mendapat opini Wajar Tanpa Kecuali (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Jokowi menyebut Polri telah banyak membangun zona integritas.


"Namun itu semua tidak cukup, karena tantangan yang kita hadapi semakin kompleks. Oleh karena itu profesionalitas dan prestasi Polri harus terus ditingkatkan," ujarnya.

Jokowi mengatakan Polri telah bekerja keras dalam menjaga keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat. Menurutnya, masyarakat merasakan situasi yang kondusif selama Ramadan, mudik, Idul Fitri, dan Natal tahun lalu.

Mantan Wali Kota Solo itu menyebut Polri yang bersinergi dengan TNI juga mampu mengawal berbagai agenda besar pada tahun lalu, seperti Pilkada serentak, Asian Games, dan Asian Paragames, serta pertemuan IMF di Bali. Untuk tahun ini, kata Jokowi, pelaksanaan Pemilu 2019 juga berjalan aman, lancar, dan sukses.

"Ini semua berkat kerja keras polri yang bersinergi dengan TNI. Untuk itu Saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya," tuturnya.

Lima Instruksi

Lebih lanjut, Jokowi lantas memberikan lima instruksi sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas korps baju cokelat itu. Pertama, Jokowi meminta kualitas sumber daya manusia Polri terus ditingkatkan guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks.

Kedua, Jokowi meminta Polri kedepankan strategi proaktif dan preventif dengan pendekatan dan tindakan humanis. Ketiga, kualitas pelayanan publik yang modern, mudah dan cepat juga terus tingkatkan.

Keempat, mantan Wali Kota Solo itu meminta agar ditingkatkan profesionalisme dan transparansi dalam penegakan hukum, serta memberikan rasa adil kepada masyarakat.

"Terakhir, perkuat koordinasi dengan TNI, kementerian/lembaga, pemerintah Daerah, serta masyarakat, dalam memelihara keamanan dan ketertiban sosial," tuturnya.

[Gambas:Video CNN] (fra/osc)