JK Tak Masalah atas Langkah Yusril Bela Habil Marati

CNN Indonesia | Rabu, 17/07/2019 05:10 WIB
JK Tak Masalah atas Langkah Yusril Bela Habil Marati Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut merupakan hak Yusril sebagai seorang pengacara untuk berupaya memberikan yang terbaik untuk kliennya. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) tak mempersoalkan sikap Yusril Ihza Mahendra yang menjaminkan penangguhan penahanan tersangka kasus perencanaan pembunuhan tokoh nasional, Habil Marati. JK menilai langkah Yusril merupakan hak sebagai pengacara.

Menurutnya, hak itu berbeda dengan tugas yang diemban Yusril selama ini sebagai pengacara tim Joko Widodo-Ma'ruf Amin dalam menghadapi sengketa pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi.

"Pak Yusril kan pengacara, ada tugas pengacara membebaskan kliennya. Kalau Pak Yusril tidak berusaha membebaskan kliennya kan bukan pengacara namanya," ujar JK di kantor wakil presiden, Jakarta, Selasa (16/7).


JK meyakini Yusril telah melakukan kajian atas kasus Habil dengan matang. Jika memang perbuatan Habil tak mengancam, kata dia, maka penangguhan penahanan itu mestinya dikabulkan oleh polisi.

"Tentu semuanya akan dilakukan dengan baik. Kalau memang tidak berbuat apa-apa, tidak berbuat yang membahayakan akan dipertimbangkan," katanya.
Yusril Ihza Mahendra. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)

Sebelumnya, Polisi telah menetapkan Habil Marati sebagai tersangka rencana pembunuhan dan ditangkap di rumahnya di Jakarta Selatan pada Rabu (29/5). Dia diduga terlibat rencana pembunuhan empat jenderal dan seorang direktur lembaga survei di tengah kerusuhan 22 Mei lalu.

Dalam pengembangan, Habil berperan menyerahkan uang sebesar SGD15 ribu atau senilai Rp150 juta kepada Kivlan Zen sebagai dana operasional untuk membeli senjata api

Yusril yang telah resmi menjadi pengacara Habil pun langsung memproses surat penangguhan penahanan kliennya itu ke Polda Metro Jaya.

Saat ini, kata Yusril, penjamin untuk penangguhan penahanan Habil hanya dari pihak keluarga saja. Namun, bila dibutuhkan tambahan pihak lain sebagai penjamin maka ia akan mencari sosok tersebut.

(psp/ain)