SAR Lanjutkan Pencarian Korban Cessna Jatuh di Indramayu

CNN Indonesia | Selasa, 23/07/2019 10:02 WIB
SAR Lanjutkan Pencarian Korban Cessna Jatuh di Indramayu Ilustrasi pesawat cessna. (Arpingstone/Wikipedia)
Bandung, CNN Indonesia -- Tim SAR gabungan melanjutkan pencarian satu korban pesawat Cessna jatuh di Sungai Cimanuk, Indramayu, Jawa Barat, Selasa (23/7) pagi ini. Korban itu adalah M Salman Alfarizi.

Kepala Basarnas Jawa Barat Deden Ridwansyah mengatakan operasi pencarian hari ini dibagi tiga tim.

Tim pertama, kata dia, dilakukan dengan menggunakan dua unit perahu LCR atau Landing Craft Rubber melakukan penyelaman di sekitar badan pesawat dan mengupayakan pengangkatan badan pesawat.


Sedangkan satu tim lain menyisir sungai dengan menggunakan dua unit LCR, 1 Kapal Patroli Kepolisian Air (Polair), dan 1 Perahu nelayan dari LKK hingga Bendungan Walet sejauh 3 kilometer.

Jumlah anggota yang melakukan pencarian hari ini, kata Deden, ada 104 personel.


Sebelumnya, pesawat latih jenis Cessna jatuh di Sungai Cimanuk, Indramayu, Jawa Barat, Senin (22/7). Satu awak hingga kini masih dicari karena diduga hanyut di sungai tersebut.

Pesawat itu membawa dua awak pesawat yakni Arthur Arfa (24) dan M. Salman Al Farizi (25). Arthur berhasil diselamatkan, sedangkan Salman masih dalam pencarian. Sementara itu, berdasarkan keterangan saksi sebelum pesawat itu jatuh ke sungai sempat terbang rendah.

"Saya lihat pesawatnya terbang rendah banget, bahkan sempat mau nabrak gubuk," kata seorang saksi mata Sarjono di Indramayu kemarin seperti dilansir Antara.

Sarjono yang saat itu sedang berada di tambak melihat pesawat mondar-mandir terbang di atas, karena memang itu sudah biasa dia lihat setiap hari.

Namun, sambungnya, dia kaget ketika melihat posisi pesawat itu terbang rendah hingga jatuh ke sungai.

"Saya langsung kejar ke Sungai Cimanuk ternyata ada korban yang minta tolong," ujarnya.

Sementara saksi mata lainnya Kalidin mengatakan saat sedang berada di pos dirinya mendengar ada orang yang minta tolong. Dia pun lalu bergegas ke sumber suara.

"Tadi saya liat pesawat memang sangat dekat dan jatuh, kemudian ada yang minta tolong," katanya.

Dia mengaku sempat menolong satu orang untuk dibawa ke darat, namun satu korban lagi sudah tenggelam dan tidak tertolong.

"Dia teriak minta tolong, pas saya tolong yang satunya sudah tenggelam, makanya saya langsung tarik yang selamat ke pinggir sungai," ujarnya.


[Gambas:Video CNN] (hyg/kid)