Syafii Maarif Dirawat di Rumah Sakit karena Hematuria

CNN Indonesia | Kamis, 25/07/2019 21:06 WIB
Syafii Maarif Dirawat di Rumah Sakit karena Hematuria Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Syafii Maarif menjalani perawatan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping, Yogyakarta, karena menderita Hematuria. Buya Syafii itu diopname sejak Rabu kemarin (24/7).

"Kemarin masuk (RS)," ucap Beti operator RS PKU Muhammadiyah, Gamping, saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (25/7).
Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah Sunanto juga membenarkan kabar penyakit yang diderita Syafii. Namun, dia belum sempat menjenguk langsung ke RS PKU Muhammadiyah.

"Iya masuk rumah sakit," kata Sunanto.


Sementara, Perawat RS PKU Muhammadiyah Gamping, Ika Ratna Susanti mengatakan Buya Syafii mengidap hematuria atau dalam bahasa awam sering dikenal dengan kencing yang bercampur darah. Kata Ika, Buya Syafii juga menderita gangguan penyakit lain.

"Hematuria, pipis campur darah. Keluhan lain, punya riwayat gula, sama perutnya nyeri. Sampai saat ini kondisinya masih dirawat," tutur Ika saat dihubungi.
Ika mengatakan saat ini ada dua dokter khusus yang menangani Buya Syafii. Mereka adalah spesialis penyakit dalam dan urologi. Saat pertama kali dirujuk ke RS, yakni Rabu (24/7), Buya Syafii sempat ditangani tiga dokter sekaligus.

"Sampai saat ini kondisinya masih dirawat," kata Ika.
[Gambas:Video CNN] (ain/ugo)


BACA JUGA