Sebut MUI Lembaga Paling Tenar, JK Singgung Ekonomi Syariah

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 28/07/2019 06:57 WIB
Sebut MUI Lembaga Paling Tenar, JK Singgung Ekonomi Syariah Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut logo Majelis Ulama Indonesia (MUI) paling banyak dicetak setelah lambang Burung Garuda. (CNN Indonesia/Priska Sari Pratiwi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut logo Majelis Ulama Indonesia (MUI) sebagai yang paling banyak dicetak dan lambang yang terpopuler kedua di Indonesia setelah burung Garuda.

Pernyataan itu ia lontarkan ketika menghadiri Hari Ulang Tahun atau Milad MUI ke-44 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Sabtu (27/7).

Ia mengatakan banyak produk makanan dan minuman yang dikonsumsi terdapat lambang MUI sebagai penanda kudapan tersebut halal untuk dikonsumsi bagi penganut agama Islam.


"MUI lembaga paling terkenal di negeri. Lambang MUI paling banyak dicetak nomor dua. Semua yang kita minum ada lambang MUI, jadi bayangkan semua," ujar JK disambut tawa dari para hadirin.

Lebih lanjut, JK mengatakan sertifikasi halal yang biasa dikeluarkan MUI harus menjadi bagian untuk mendorong kemajuan dan keadilan bagi bangsa Indonesia. Ia mengatakan kemajuan itu tak hanya sekadar diminta, namun harus diusahakan oleh semua pihak.

"Karena itu keadilan kita upayakan bersama selain mendorong kebijakan," kata dia.

Tak hanya itu, JK turut menekankan soal pentingnya hubungan yang baik antara pemerintah dan para ulama dalam membangun bangsa Indonesia. Ia menegaskan MUI selama ini turut memiliki peran untuk memberikan sumbangan pemikiran bagi pemerintah.

Salah satu bentuk kontribusi itu, kata dia, adalah implementasi ekonomi syariah yang membantu mendongkrak perekonomian nasional. Ia mencontohkan pembentukan Bank Muamalat dengan konsep perbankan syariah.

"Bagaimana kita implementasikan ekonomi syariah yang sangat penting untuk kita lanjutkan," kata dia.


[Gambas:Video CNN] (rzr/pmg)