Prabowo Subianto Disebut Bakal Hadiri Kongres PDIP di Bali

CNN Indonesia | Kamis, 01/08/2019 15:24 WIB
Prabowo Subianto Disebut Bakal Hadiri Kongres PDIP di Bali Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto (kanan). (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan sejumlah tokoh nasional, termasuk Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bakal menghadiri Kongres PDIP V yang rencananya diselenggarakan di Bali, pada Jumat (8/8).

Selain Prabowo, tokoh nasional lain yang menghadiri Kongres V PDIP adalah Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, hingga Wakil Presiden Terpilih Ma'ruf Amin.

"Pak Prabowo ketika pertemuan bersama ibu Megawati Soekarnoputri sudah menyatakan bahwa beliau akan hadir. Tentu saja para ketua umum partai Koalisi Indonesia Kerja kami undang," kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Kamis (1/8).


Selain itu, Hasto menjelaskan di Kongres PDIP V akan dihadiri oleh 2.045 peserta yang terdiri dari utusan pengurus tingkat cabang atau kabupaten dan tingkat provinsi. Begitu juga perwakilan PDIP di luar negeri.

Pihaknya juga mengundang sebagian jajaran kabinet. Hanya saja, tidak semua menteri diundang dalam pelaksanaan kongres tersebut. Selanjutnya, PDIP mengundang tokoh-tokoh keagamaan dari Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, dan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI).

"Kemudian wakil presiden terpilih. Jajaran menteri kabinet gotong royong representasi kita undang, tidak semua. Tokoh nasional, tokoh agama dari NU, Muhammadiyah kemudian dari KWI, dan sebagainya," kata Hasto.

Sementara itu Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga mengatakan total akan ada 2.047 orang utusan partai yang akan hadir dalam Kongres V PDIP.

Ia merinci, tiga orang perwakilan struktur dari setiap Dewan Pimpinan Cabang (DPC) yang berjumlah 514 cabang, 3 orang perwakilan dari setiap Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang berjumlah 34 daerah, serta sayap-sayap partai juga diundang.

"Undangan umum VIP, VVIP kurang lebih 335 orang jadi total rekan-rekan sekalian 2.047 orang. Kader yang akan datang yang sudah konfirmasi sampai tadi malam itu kurang lebih 15.345 orang," katanya.

[Gambas:Video CNN] (sah/wis)