Pemprov DKI Ajukan Rp300 Miliar untuk Pelebaran Trotoar

CNN Indonesia | Kamis, 15/08/2019 21:34 WIB
Pemprov DKI Ajukan Rp300 Miliar untuk Pelebaran Trotoar Petugas sedang mengerjakan pembuatan trotoar di Jalan MH. Thamrin. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dinas Bina Marga DKI Jakarta mengajukan anggaran hampir Rp300 miliar untuk revitalisasi trotoar. Hal itu disampaikan dalam rapat pembahasan Kebijakan Umum APBD Plafon Prioritas Sementara (KUAPPS) DKI 2020.

Dalam rapat komisi, anggota Komisi D DPRD DKI Abdul Canter meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak hanya memperhatikan pembangunan trotoar saja. Pemprov juga diminta memperhatikan poin di luar infrastruktur. Salah satunya, memperhatikan penghijauan di pinggir trotoar.


"Pembangunan trotoar itu hampir Rp300 M (miliar), tapi waktu jalan itu trotoar panas bener enggak ada hutan-hutannya. Jadi harus disesuaikan," kata Abdul saat rapat Komisi E DPRD DKI, Kamis (15/8).


Pemprov DKI Jakarta belakangan ini sibuk membenahi trotoar di Ibu Kota. Pada 2019 setidaknya ada tiga titik pembenahan trotoar mulai dari Kawasan Kemang, Cikini hingga Kuningan.

Abdul mengatakan udara di Jakarta belakangan ini memburuk dan menjadi sorotan. Demi menarik minat warga berjalan kaki, Pemprov DKI juga diminta menciptakan jalanan yang nyaman, salah satunya dengan pengadaan pohon.

"Jangan sampai kita diprotes karena panas banget ini. Saya kira ini nanti bisa bersinggungan dengan Bu Suzi (Kepala Dinas Pertamanan dan Kehutanan DKI)," tegas dia.


Selain soal penghijauan, Abdul juga meminta agar DKI memperhatikan penerangan jalan di sekitar trotoar. Setiap fasilitas harus diperhatikan untuk kenyamanan pejalan kaki.

"Jangan nanti ada trotoar malah gelap jalannya. Itu perlu diperhatikan juga oleh Penerangan Jalanan Umum (PJU)," tegas dia.

Sebelumnya, Pemprov DKI sedang melaksanakan pembenahan trotoar di sejumlah titik di Jakarta. Adapun trotoar yang sudah rampung dikerjakan ialah trotoar di Jalan Sudirman, kawasan Jati Baru hingga kawasan Cikini.

Sementara saat ini proyek yang sedang dalam tahap pembangunan ialah di daerah Kemang Raya, Kemang I, Salemba, Jatinegara, Otista. Rencananya pengerjaan ini akan selesai pada Desember mendatang.


[Gambas:Video CNN] (ctr/pmg)