Zulkifli Hasan: Mari Terima Hasil Pemilu 2019 Secara Ikhlas

CNN Indonesia | Jumat, 16/08/2019 09:24 WIB
Zulkifli Hasan: Mari Terima Hasil Pemilu 2019 Secara Ikhlas Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ibu Mufidah Jusuf Kalla dan pimpinan lembaga negara melambaikan tangan saat menghadiri Sidang Tahunan MPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 16 Agustus 2019. (Adhi Wicaksono/CNNIndonesia).
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Zulkifli Hasan dalam Sidang Tahunan MPR 2019 meminta semua pihak ikhlas menerima hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Zulkifli menyebut gelaran pemilu harus disikapi sebagai agenda yang tak boleh memecah bangsa Indonesia.

"Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Umum Presiden haruslah dipahami sebagai kompetisi antarkita, antarsaudara, antarsesama anak bangsa," kata Zulkifli Hasan dalam pidato sekaligus membuka Sidang Tahunan MPR, Jumat (16/8).

Dengan demikian, kata Zulkifli, hasil Pemilu 2019 merupakan kemenangan semua masyarakat sebagai bangsa Indonesia. Pilihan politik boleh beda, kata Zulkifli, tetapi bendera negara sama.


"Bendera tetap akan sama untuk selamanya. Mari kita rajut kembali Merah Putih," kata Zulkifli.
Dalam kesempatan tersebut, Zulkifli juga secara khusus mengucapkan selamat kepada pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin atas kemenangan di Pilpres 2019. Zulkifli juga mengapresiasi sikap kenegarawanan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno dalam kesempatan tersebut.

"Selamat kepada Bapak Joko Widodo dan Bapak Ma'ruf Amin... Kepada Bapak Prabowo Subianto dan Bapak Sandiga Uno kami mengucapkan terima kasih atas sikap kenegarawanan yang telah bapak tunjukkan selama ini," kata Zulkifli Hasan.

Sidang Tahunan MPR resmi dibuka pada pukul 08.30 WIB. Usai sesi pertama yang tengah berlangsung, selanjutnya pada sesi kedua dibuka oleh Ketua Dewan Perwakilan Daerah Oesman Sapta Odang (OSO).
Presiden Jokowi akan kembali menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka hari ulang tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia. Sesi kedua ini akan dimulai pada pukul 10.00 WIB.

Sesi terakhir Sidang Tahunan MPR 2019, Jokowi akan pidato dalam rangka penyampaian Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2020 pada pukul 13.45 WIB. Acara terakhir itu akan dibuka oleh pidato dari Ketua DPR Bambang Soesatyo.

(dhf/ain)