Kemendikbud Minta Orang Tua Murid Ikut Upacara 17 Agustus

CNN Indonesia | Jumat, 16/08/2019 18:13 WIB
Kemendikbud Minta Orang Tua Murid Ikut Upacara 17 Agustus Kemendikbud mengimbau orang tua murid agar mengikuti upacara peringatan kemerdekaan Indonesia bersama anaknya di sekolah masing-masing(CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerbitkan surat edaran berisi imbauan untuk seluruh orang tua murid seluruh sekolah di Indonesia untuk menghadiri upacara bendera pada 17 Agustus 1945 di sekolah masing-masing.

Sekjen Kemendikbud Didik Suhardi mengatakan edaran tersebut diterbitkan sebagai upaya agar masyarakat dapat ikut berperan dalam menanamkan jiwa pejuangan kepada para siswa.

"Salah satu upaya kita untuk penanaman nilai perjuangan dan kebangsaan kepada anak didik sehingga orang tua mereka juga ikut membimbing putra-putrinya," ujar Didik saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (16/8).


Surat edaran yang dikeluarkan oleh Sekretaris Jendral Kemendikbud itu berjudul Pelibatan Orang Tua dan Masyarakat pada Penyelenggaraan Upacara Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019 di lingkungan satuan pendidikan. Surat edaran terbit pada 15 Agustus lalu.


Surat edaran ditujukan kepada seluruh dinas pendidikan provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia. Dalam edaran tersebut, Kemendikbud juga mengimbau orang tua murid agar turut bergotong-royong dalam mempersiapkan serta melaksanakan berbagai acara dan kegiatan untuk memperingati Hari Kemerdekaan.

Menurut Didik hal ini perlu dilakukan karena pendidikan di sekolah juga membutuhkan peran keluarga serta masyarakat.

"Ini momen yang bagus dalam membangun kebersamaan sebagai tri pusat pendidikan yaitu sekolah, masyarakat dan keluarga," jelasnya.

Salah satu orang tua murid SDN Srengseng 04, Jakarta Barat mengaku mendapat surat undangan dari sekolah. Dia diundang untuk menghadiri upacara bendera peringatan Hari Kemerdekaan di sekolah anaknya pada Sabtu (17/8).


Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Syaifullah tidak membantah. Undangan itu merupakan tindak lanjut dari edaran yang diterbitkan pihak Kemendikbud.

"Meneruskan instruksi kemendikbud ya," ujar Syaefullah saat dihubungi.

Indonesia akan memperingati Hari Kemerdekaan ke-74 pada Sabtu mendatang (17/8). Seperti yang dilakukan setiap tahun, seluruh siswa melaksanakan upacara bendera di sekolahnya masing-masing.

Begitu pula dengan aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) yang harus hadir dalam upacara peringatan Hari Kemerdekaan. Misalnya PNS lingkungan Pemprov DKI Jakarta, yang pada tahun ini bakal menghadiri upacara di pulau hasil reklamasi.

[Gambas:Video CNN] (ain/ugo)