Belum Dapat Bocoran, PKB Tak Punya Target Jatah Menteri

CNN Indonesia | Rabu, 21/08/2019 16:10 WIB
Belum Dapat Bocoran, PKB Tak Punya Target Jatah Menteri Ketum PKB Muhaimin Iskandar mengaku belum diberitahu Presiden terpilih RI periode 2019-2024 Jokowi soal nama-nama yang akan menjadi menteri. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)
Bali, CNN Indonesia -- Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengaku belum diberitahu Presiden terpilih periode 2019-2024 Joko Widodo (Jokowi) mengenai nama-nama para menteri yang akan mengisi kabinet pemerintahan lima tahun ke depan.

Sebelumnya, Jokowi mengaku sudah menyebut nama-nama menteri telah disampaikan kepada Ketua Umum partai politik pengusungnya di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

"Belum ada, belum," kata Cak Imin di lokasi Muktamar PKB, Nusa Dua, Bali, Rabu (21/8).


Lebih lanjut, Cak Imin menyerahkan sepenuhnya keputusan terkait kandidat menteri kepada Presiden Jokowi. Ia mengatakan para kader PKB sudah pasti siap apabila diajak Jokowi bergabung dalam kabinet.

"Tetapi siapa yang diajak dan bagaimana posisinya semuanya adalah hak prerogratif presiden," kata Cak Imin.

Selain itu, Cak Imin mengatakan dirinya sudah beberapa kali diajak berkomunikasi dengan Jokowi untuk membahas mengenai menteri. Akan tetapi, komunikasi itu belum pada sampai pada tahap membahas nama-nama yang akan mengisi pos menteri tersebut.

Ia mengklaim PKB tak memiliki target dan mengharuskan kadernya akan ditempatkan pada posisi menteri tertentu dalam kabinet mendatang.

"Kita semua anggap siapapun menteri Pak Jokowi adalah bagian dari PKB untuk suksesnya pemerintahan, jadi kita enggak punya target di mana dan ke mana," katanya.

[Gambas:Video CNN] (rzr/kid)