Koalisi Sipil Berencana Beri Bantuan Hukum ke Veronica

CNN Indonesia | Rabu, 04/09/2019 17:06 WIB
Koalisi Sipil Berencana Beri Bantuan Hukum ke Veronica Pengacara pendamping Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) Veronica Koman. (CNNIndonesia/Farid)
Jakarta, CNN Indonesia -- Veronica Koman, pengacara hak asasi manusia (HAM) yang kerap mendampingi aktivis advokasi Papua ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Jawa Timur.

Ia dikenakan pasal berlapis dari UU ITE, KUHP, dan UU Nomor 1 Tahun 1946, dan UU 40 Tahun 2008.

Hingga berita ini ditulis, CNNIndonesia.com belum dapat respon saat mengontak Veronica lewat beberapa sarana media.
Sementara itu, Juru Bicara Tim Kuasa Hukum dari Koalisi Masyarakat Sipil untuk Demokrasi, Suarbudaya Rahardian mengatakan pihaknya berencana mendiskusikan untuk memberikan upaya pendampingan hukum untuk Veronica Koman.


"Belum tahu, mungkin akan dipegang, karena kami akan membikin jaringan nasional untuk kasus ini," kata Suarbudaya Rahardian saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (4/9).

Koalisi Masyarakat Sipil untuk Demokrasi terdiri atas sejumlah lembaga diantaranya LBH Pers, LBH Jakarta, Kontras dan Satu Keadilan.

Dihubungi terpisah, Direktur LBH Jakarta Arif Maulana mengaku pihaknya baru mendengar kabar penetapan tersangka tersebut dari media massa.

"Belum dapat kabar langsung, baru info dari media," kata Arif Maulana.

Kendati begitu, Arif Maulana ataupun tim kuasa hukum koalisi belum mendapatkan informasi mengenai posisi terkini dari Veronica yang juga dikenal pernah aktif di LBH Jakarta tersebut.
Sementara itu, Direktur LBH Pers Ade Wahyudin mengatakan mengenai posisi Veronica meski tak memberikan tahu langsung secara lugas. Selain itu, ia pun memastikan koalisi masyarakat sipil akan membantu mendampingi Veronica karena memang itu sejalan dengan misi mereka dalam mengadvokasi.

"Sampai saat ini kami sih memang belum menerima kuasa dari Veronica. Tapi concern koalisi masyarakat sipil sama seperti pada sebelumnya. Karena memang kondisinya Vero juga sedang di luar negeri kami juga belum bisa memberikan pernyataan apapun," kata Ade singkat saat dihubungi.

Ade menambahkan belum bisa melakukan komunikasi langsung dengan Veronica Koman.

[Gambas:Video CNN] (ika/kid)