Polisi Tangkap Pengendara Motor Penyerang Pejalan Kaki

CNN Indonesia | Senin, 09/09/2019 21:20 WIB
Polres Metro Jakarta Pusat menyebut penyerang pejalan kaki ditangkap di kediamannya di Bekasi, Jawa Barat. Saat ini, pria berinisial HGT masih berstatus saksi. Ilustrai. (Istockphoto/BrianAJackson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Polres Metro Jakarta Pusat menangkap pria berinisial HGT, pengendara motor yang diduga menyerang pejalan kaki di salah satu trotoar di wilayah Jakarta Pusat.

Wakapolres Metro Jakarta Pusat AKBP Arie Ardian Rishadi mengatakan sampai saat ini pengendara motor itu masih diperiksa untuk dimintai keterangan.

"Sudah, sudah diamankan, dimintai keterangan," kata Arie saat dikonfirmasi, Senin (9/9).


Arie mengungkapkan HGT ditangkap di kediamannya yang beralamat di Bekasi. Meski telah ditangkap, Arie memastikan pengendara motor itu masih berstatus sebagai saksi.

"Statusnya masih saksi, diamankan saja," ujarnya.
Menurut Arie, penangkapan terhadap HGT dilakukan lantaran ada laporan yang masuk. HGT disangkakan dengan pasal 335 KUHP tentang perbuatan tidak menyenangkan.

"Pidananya itu yang dilaporkan," ucap Arie.

Selain itu, HGT juga dijerat dengan pasal 284 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Pasal 284 itu diketahui berbunyi 'setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor dengan tidak mengutamakan keselamatan pejalan kaki atau pesepeda sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu
rupiah)'.

Sebelumnya, video HGT menyerang pejalan kaki di trotoar beredar di media sosial. Salah pengunggahnya adalah akun Instagram @koalisipejalankaki.
Akun itu turut menyertakan informasi bahwa kendaraan roda dua itu memiliki nomor polisi B 3525 KSY. Data kendaraan yang merujuk pada nomor polisi motor itu pun telah tersebar di media sosial.

Dalam video terdengar salah satu anak dari pejalan kaki menangis. Salah satu perempuan pejalan kaki yang terekam pun menjelaskan ke pengendara sepeda motor tersebut bahwa wajar sang anak berlari-lari kecil karena berada di atas trotoar.

'Pengendara motor barbar. Berkendara di atas trotoar, menyerempet dan menyerang pejalan kaki,' demikian keterangan dalam akun Instagram itu.

[Gambas:Video CNN] (dis/bmw)