Karangan Bunga Duka Cita Banjiri Kediaman Habibie

CNN Indonesia | Kamis, 12/09/2019 06:32 WIB
Karangan Bunga Duka Cita Banjiri Kediaman Habibie Karangan bunga memenuhi tepi jalan di sekitar kediaman BJ Habibie di kawasan Patra Kuningan, Jakarta, Kamis (12/9). (CNN Indonesia/Ramadhan Rizki Saputra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Suasana di Wisma Habibie-Ainun, Patra Kuningan, Jakarta Selatan, tempat Presiden ketiga RI Bacharudin Jusuf Habibie disemayamkan untuk terakhir kalinya terlihat cukup ramai pada Kamis (12/9) pagi.

Dari pantauan CNNIndonesia.com di lokasi, sejak memasuki Jalan Patra Kuningan Utara yang akan memasuki kompleks Wisma Habibie-Ainun telah dipenuhi oleh karangan bunga sebagai ucapan bela sungkawam

Karangan bunga itu dikirim oleh berbagai kalangan. Dari mulai tokoh politik, institusi negara, hingga pengusaha dan beberapa perusahaan tampak mengirimkan ucapan bela sungkawa atas wafatnya Presiden ke-3 RI tersebut.


Tak hanya itu, karangan bunga dari pemimpin negara sahabat turut terlihat di sekitar kediaman Habibie. Tampak karangan bunga dari Mantan Presiden pertama Timor Leste, Xanana Gusmao, dan kedutaan besar negara-negara sahabat terlihat sebagai tanda duka cita.

Tak hanya karangan bunga yang bertumpuk memagari sepanjang jalan hingga ke depan rumah tempat Habibie disemayamkan, sejumlah warga juga tampak mulai mendatangi rumah duka untuk melakukan takziah.

Karangan Bunga Duka Cita Banjiri Kediaman HabibieKarangan bunga duka cita atas kepergian BJ Habibie juga datang dari tokoh internasional, seperti Xanana Gusmao.  (CNN Indonesia/Ramadhan Rizki Saputra)
Di kediaman Habibie itu, tak ada ritual atau syarat khusus yang diterapkan oleh Paspampres dan aparat kepolisian bagi warga yang bertakziah.

Siapa saja diberi kebebasan untuk masuk ke kediamannya dan melihat langsung jenazah Habibie sebelum dimakamkan di TMP Kalibata siang ini.

Warga yang datang hanya diharuskan melalui metal detector yang telah disediakan oleh Paspampres persis di depan Wisma Ainun-Habibie.

Terlihat, di sisi luar kediaman Habibie dipasang TV layar datar berukuran besar untuk melihat situasi yang ada di dalam rumah. Terlihat, para pelayat yang hadir menyalatkan jasad Habibie dan memanjatkan doa di sisi peti jenazah.

Diketahui, BJ Habibie meninggal dunia Pukul 18.05 WIB, Rabu (11/9), saat tengah dalam perawatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta. Almarhum meninggal dunia akibat penyakit gagal jantung di usia 83 tahun.

[Gambas:Video CNN] (rzr/arh)