3 Ruas Jalan Jakarta yang Bebas Ganjil Genap Pagi Ini

CNN Indonesia | Kamis, 12/09/2019 07:40 WIB
3 Ruas Jalan Jakarta yang Bebas Ganjil Genap Pagi Ini Rambu pemberitahuan sistem ganjil genap di salah satu sudut ruas jalan Jakarta. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tiga ruas jalan protokol di DKI Jakarta dibebaskan dari kebijakan ganjil genap untuk sementara hari ini. Hal itu diberlakukan untuk memberi ruang kepada masyarakat yang ingin bertakziah ke rumah duka Presiden Ketiga RI BJ Habibie di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Hal tersebut diungkap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan lewat cuitan di akun Twitter miliknya, Kamis (12/9) dini hari.

Anies mengatakan tiga ruas jalan yang dibebaskan sementara dari kebijakan ganjil genap adalah, "di Jl. HR Rasuna Said, Jl. Gatot Soebroto dan Jl. MT Haryono."


Sementara itu, dilansir dari akun resmi twitter yang dikelola Ditlantas Polda Metro Jaya, @TMCPoldaMetro, pembebasan aturan ganjil genap itu hanya berlaku pada pagi hari.

Sedangkan pada sore hingga malam hari, ganjil genap di seluruh 25 ruas jalan Jakarta dilaksanakan kembali. Artinya, pada petang hingga malam hari nanti di tiga jalan tersebut pun berlaku kembali kebijakan ganjil genap yakni pukul 16.00-21.00 WIB.


Perihal pembebasan sementara ganjil genap itu pun dikonfirmasi Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP M Nasir.

"Iya benar ditiadakan kebijakan ganjil genap di tiga ruas jalan tersebut," Nasir, Kamis (12/9).

Habibie Wafat, Tiga Ruas Jalan Bebas Ganjil Genap SementaraPersiapan pemakaman Presiden ketiga RI BJ Habibie di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, 12 September 2019. (CNN Indonesia/Aria Ananda)

Dengan demikian, polisi tidak akan melakukan penilangan terhadap kendaraan yang melintas di tiga ruas jalan itu terhitung sejak pukul 06.00 hingga pukul 10.00 WIB.

"Untuk sore hari berlaku normal seperti biasa di 25 ruas jalan," ujarnya.

Nasir menerangkan keputusan itu diambil hasil koordinasi dengan pihak Dinas Perhubungan DKI Jakarta setelah mendengar kabar Presiden Ketiga RI BJ Habibie meninggal dunia, Rabu (11/9) malam. Habibie rencananya akan dikebumikan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, pada siang ini.

[Gambas:Video CNN] (dis, kid/gil)