Jokowi di Makam Habibie: Selamat Jalan Mr Crack Sang Pionir

CNN Indonesia | Kamis, 12/09/2019 14:55 WIB
Jokowi di Makam Habibie: Selamat Jalan Mr Crack Sang Pionir Personel Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mengusung peti jenazah almarhum Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie menuju liang lahat saat tiba di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta, 12 September 2019. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memimpin pemakaman Presiden ketiga RI BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan Utama (TMPU) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9).

Jokowi yang bertindak selaku Inspektur Upacara Pemakaman pun memberikan sambutan untuk melepas Habibie.

"Selamat jalan Mr Crack, selamat jalan sang pionir. Kami akan selalu mengingat pesanmu," ujar Jokowi di TMPU Kalibata, Jakarta Selatan.


Habibie wafat pada Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB. Sebelumnya, Habibie dirawat intensif di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, sejak Minggu (8/9).

"Dengan penuh rasa duka cita yang mendalam pada hari ini kita semua seluruh rakyat Indonesia berkabung atas wafatnya Presiden ketiga Habibie," ujar Jokowi.

Makamkan Habibie, Jokowi Ucap Selamat Tinggal Mr CrackPresiden Joko Widodo (kanan) berdoa untuk almarhum Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie di rumah duka, kawasan Patra Kuningan, Jakarta, Kamis (12/9). (ANTARA FOTO/Handout/Biro Pers-Rusman)
Jokowi menilai Habibie adalah seorang negarawan sejati, inspirator, dan ilmuwan patut menjadi suri teladan. Indonesia, kata Jokowi, telah kehilangan putra terbaiknya.

"Terlihat dari kisah perjalanan beliau. Di masa muda, tidsk memikirkan dirinya tapi tentang bangsa. Tidak hanya berpikir untuk Indonesia satu atau dua tahun mendatang, tetapi almarhum berpikir membangun Indonesia untuk 50 sampai 100 tahun," ujar Jokowi.

Ia pun mengajak segenap khalayak untuk mengenang jasa Habibie yang membangun fondasi demokrasi Indonesia setelah Orde Baru runtuh pada 1998 silam.

"Sampai di masa senjanya beliau masih mengingatkan pentingnya sdm Indonesia untuk diisi dan dikuatkan dengan agama, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan," katanya.

Habibie dikebumikan di sebelah makam istrinya, Hasri Ainun di TMPU Kalibata, Jakarta Selatan.

Habibie juga dikenal sebagai Mr Crack karena punya satu penemuan penting yang membuat sosoknya diperhitungkan di tengah ahli kedirgantaraan Jerman yakni progression crack theory atau teori keretakan.

Habibie  menemukan cara untuk mengantisipasi struktur badan pesawat yang membuatnya menjadi lebih kuat. Temuan itu mampu mengantisipasi kecelakaan dengan meningkatkan faktor keselamatan penerbangan.

Teori ini mampu mengkalkulasi keretakan pesawat karena proses terbang landas dan membagi rancang bangun desain pesawat modern untuk menghindari kecelakaan. Hitung-hitungan Habibie sangat detail sampai ke tingkat atom material pesawat.


[Gambas:Video CNN] (fra/kid)