Massa Lepas Kain Hitam yang Tutupi Logo KPK

CNN Indonesia | Jumat, 13/09/2019 15:57 WIB
Massa Lepas Kain Hitam yang Tutupi Logo KPK Suasana di Gedung KPK. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pedemo yang menggelar unjuk rasa di depan gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melepas kain hitam yang menutupi logo KPK di gedung lembaga antirasuah itu.

Pantauan CNNIndonesia.com, Jumat (13/9), massa melepas logo kain hitam yang merupakan simbol perlawanan terhadap upaya pelemahan KPK. Logo KPK itu dipasang oleh sejumlah pegawai KPK pada Minggu (8/9) lalu.

Pencopotan kain hitam itu bermula saat sejumlah massa berhasil masuk ke dalam lobi gedung KPK meski aparat berusaha mengadang. Salah satu peserta aksi kemudian berhasil membuka kain hitam penutup logo KPK di dinding lobi.

"Pimpinan KPK tidak punya hak untuk menutup lambang KPK," kata seorang orator.
Massa Lepas Kain Hitam yang Tutupi Logo KPKDemo berujung rusuh terjadi di depan Gedung KPK. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Polisi menyebut aksi di depan gedung KPK itu berjumlah ratusan orang. Polisi juga menyebut massa berasal dari tiga aliansi dan telah mengantongi izin dari kepolisian.

Awalnya aksi berjalan damai, namun massa mulai membakar karangan bunga yang berada di luar gedung KPK. Karangan bunga tersebut sebagai bentuk dukungan terhadap KPK. Diduga kericuhan bermula karena massa kecewa karena dilarang untuk masuk ke dalam gedung KPK.


Massa kemudian melempari gedung dengan botol, batu, dan bambu. Sejumlah pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Wartawan dan petugas keamanan yang berada di pelataran dan lobi gedung KPK berhamburan ke luar gedung untuk menyelamatkan diri setelah massa yang mengatasnamakan Himpunan Aktivis Indonesia melempari gedung dengan batu, botol, dan bambu.
(ani/sur)