Polisi Identifikasi Tiga Kelompok Pedemo di KPK

CNN Indonesia | Jumat, 13/09/2019 18:13 WIB
Polisi Identifikasi Tiga Kelompok Pedemo di KPK Suasana gedung KPK usai Firli Bahuri terpilih sebagai ketua KPK periode 2019-2023. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Jakarta Selatan Komisaris Besar Bastoni Purnama menyebut demonstrasi yang berujung ricuh di depan Gedung Merah Putih KPK diikuti oleh tiga kelompok massa aksi. Jumlahnya, kata dia, mencapai 300 orang.

"Ada tiga aliansi yang unjuk rasa. Nanti kita dalami latar belakang aliansi ini," kata Bastoni di depan Gedung KPK, Jakarta, Jumat (13/9).

Bastoni mengatakan tiga kelompok massa ini mendukung keputusan penunjukan lima pimpinan KPK yang baru. Pihaknya juga masih mendalami latar belakang dari massa aksi ini.


Sampai saat ini, kata Bastoni pihaknya masih mengumpulkan barang bukti terkait kericuhan yang terjadi di depan Gedung Merah Putih pada Jumat (13/9) siang. 
Barang bukti itu diantaranya berupa karangan bunga yang dibakar, dan barang-barang yang dilempar masaa aksi ke Gedung KPK.

"Nanti akan kita lihat baik dokumentasi atau foto video pelakunya akan kita identifikasi kemudian bukti-bukti lainnya akan kita kumpulkan kalau ada barang yang rusak atau dibakar nanti kita kumpulkan buktinya," katanya.

Setidaknya wartawan mendapatkan dua rilis dari Himpunan Aktivis Milenial Indonesia dan Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Relawan Cinta NKRI. Tuntutannya, terkait dengan dukungan revisi UU KPK dan tuntutan permintaan maaf dari WP KPK dan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang terhadap Firli Bahuri.
Hingga saat ini suasana di Gedung merah putih sudah kembali kondusif. Namun terdapat dua kelompok massa aksi lagi yang mendatangi gedung merah putih KPK. Tuntutannya kurang lebih sama, yakni dukungan terhadap revisi UU KPK.

Mereka mengatasnamakan diri sebagai Aliansi Masyarakat Pendukung Undang-Undang KPK dan Forum Komunikasi Penyelamat KPK datang ke depan gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan.

[Gambas:Video CNN] (sah/ain)


BACA JUGA