Golkar Apresiasi Komisi III Pilih Pimpinan Baru KPK

CNN Indonesia | Sabtu, 14/09/2019 22:53 WIB
Golkar Apresiasi Komisi III Pilih Pimpinan Baru KPK Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umun Partai Golkar Airlangga Hartarto mengapresiasi keputusan Komisi III DPR memilih lima pimpinan baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

DPR memilih lima pimpinan lembaga antirasuah usai melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test). Mereka yang terpilih adalah Firli Bahuri, Alexander Marwata, Nawawi Pamolango, Nurul Ghufron, dan Lili Pintauli Siregar.

"Tentu kita mengapresiasi dan menghargai keputusan yang dibuat melalui proses tersebut," kata Airlangga di Jakarta Selatan, Sabtu (14/9).


Airlangga mengatakan pemilihan lima pimpinan KPK yang baru ini sudah melalui proses panjang. Setelah proses seleksi oleh panitia seleksi yang dipimpin oleh Yenti Ganarsih, kemudian masuk ke fit and proper test di DPR.

"Kita semua bisa mengikuti melalui tv sampai sekitar jam setengah 01.30 WIB pagi," kata Airlangga.

Selain memilih lima pimpinan KPK baru, Komisi III juga sepakat menunjuk Kapolda Sumatera Selatan Irjen Firli Bahuri sebagai Ketua KPK. 

Kelima capim KPK periode 2019-2023 ini tak akan langsung bekerja. Mereka baru bisa memimpin KPK kemungkinan Desember 2019 mendatang.

Nama-nama calon terpilih terlebih dulu bakal disampaikan kepada Presiden Joko Widodo paling lambat tujuh hari kerja terhitung sejak hari pemilihan.

Jokowi lantas bakal mengesahkan nama-nama calon itu paling lambat 30 hari kerja sejak penerimaan surat pimpinan DPR.

[Gambas:Video CNN] (sah/wis)