FOTO: Demo Massa PMII Berujung Bentrok di Gedung KPK

Adhi Wicaksono, CNN Indonesia | Jumat, 20/09/2019 19:58 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Massa dari PMII menggelar demo di depan Gedung KPK, Jakarta, menuntut pimpinan KPK mundur. Demo diwarnai aksi lempar telur dan bakar ban.

Unjuk rasa yang digelar massa dari Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) di depan Gedung Merah Putih, KPK, Jumat (20/9), diwarnai bentrokan dengan polisi. (CNN Indonesia / Adhi Wicaksono).
Dalam demonstrasi itu massa dari PMII menyuarakan ketidakpuasan terhadap kerja KPK di bawah Ketua Agus Rahardjo. Massa menuntut Agus Rahardjo cs mundur dari jabatannya. Awalnya, massa melempar telur ke Gedung KPK. (CNN Indonesia / Adhi Wicaksono).
Tak puas melempar telur, massa dari PMII membakar ban bekas di depan Gedung Merah Putih. Api berkobar cukup besar. Polisi bereaksi dengan mendatangi lokasi ban terbakar untuk memadamkan api. (CNN Indonesia / Adhi Wicaksono).
Inisiatif polisi memadamkan api mendapat respons dari mahasiswa. Sebagian menolak polisi memadamkan api sehingga sempat terjadi bentrokan antara massa dan polisi. (CNN Indonesia / Adhi Wicaksono).
Massa dari PMII sempat melantunkan selawat. Namun situasi tidak terkontrol dengan baik. Salah satu petugas polisi bahkan menaiki mobil komando untuk menenangkan demonstrasi. (CNN Indonesia / Adhi Wicaksono).
Polisi juga sempat mengamankan tiga orang dari massa PMII setelah melihat sejumlah pedemo menaiki tembok bangunan bertuliskan 'Komisi Pemberantasan Korupsi'. (CNN Indonesia / Adhi Wicaksono).
Polisi berusaha menghalau massa aksi untuk mencegah kericuhan meluas dan tidak terkendali. Demo massa PMII di Gedung Merah Putih KPK berjalan sejak siang, selepas salat Jumat. (CNN Indonesia / Adhi Wicaksono).
Juru bicara KPK Febri Diansyah merespons pedemo yang menuntut Agus Rahardjo Cs mundur. Kata Febri, sebelum ada keputusan dari Presiden Jokowi, Agus Rahardjo Cs tetap sah mengambil semua kebijakan di tubuh KPK. (CNN Indonesia / Adhi Wicaksono).