Jokowi Catat Semua Tuntutan Petani Soal Reforma Agraria

CNN Indonesia | Rabu, 25/09/2019 02:09 WIB
Jokowi Catat Semua Tuntutan Petani Soal Reforma Agraria KSP Moeldoko menyebut Jokowi mencatat aspirasi para petani. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mencatat semua aspirasi perwakilan petani yang menggelar demo terkait Hari Tani Nasional 2019, di seberang Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (24/9).

"Sudah menyampaikan berbagai persoalan dalam konteks reforma agraria. Tadi sudah dicatat semuanya oleh bapak presiden," kata Moeldoko di Kantor Staf Presiden, Jakarta.

Sejumlah persoalan yang disampaikan, kata Moeldoko, antara lain terkait redistribusi lahan untuk petani, program perhutanan sosial, serta nasib masyarakat transmigrasi untuk memperoleh lahan.


Selain itu, perwakilan petani juga mendesak pemerintah merevisi Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2018 tentang Reforma Agraria. Menurut Moeldoko, para petani meminta Jokowi mengambil alih masalah redistribusi lahan dan konflik agraria.

Mantan Panglima TNI itu mengatakan bakal mengundang lagi perwakilan petani besok, untuk mendalami masalah yang disampaikan kepada Jokowi. Menurutnya, para petani meminta langkah konkret dari pemerintah.

"Kami akan undang untuk mendalami persoalan lebih detail lagi. Saya akan mapping kan nanti. Harus ada langkah konkret, itu yang diinginkan mereka," ujarnya.

Sebelumnya, Perwakilan Serikat Petani Pasundan Agustiana yang menjadi koordinator lapangan dalam aksi peringatan Hari Tani Nasional 2019 diizinkan menemui Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta.

Agustiana dipanggil Jokowi untuk menyampaikan aspirasinya secara langsung kepada mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Sekjen Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) Dewi Kartika menyampaikan hasil pertemuan dengan Jokowi di Istana Merdeka terkait tuntutan petani dalam memperingati Hari Tani Nasional.

Dewi menyebut Jokowi sama sekali tidak tahu soal tak ada satu sentimeter lahan dari program reforma agraria yang telah dibagikan kepada petani. Padahal saat program digaungkan lima tahun lalu, pemerintah menjanjikan akan mendistribusikan 9 juta hektare lahan bagi para petani.

Saat mendengar itu, Jokowi yang didampingi Kepala Kantor Staf Kepresidenan, Moeldoko itu pun langsung menelepon Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

(fra/arh)