Ribuan Orang Diklaim Ikut Aksi #SurabayaMenggugat

CNN Indonesia | Kamis, 26/09/2019 07:55 WIB
Ribuan Orang Diklaim Ikut Aksi #SurabayaMenggugat Ilustrasi. (CNN Indonesia/Farid Miftah)
Surabaya, CNN Indonesia -- Aksi #SurabayaMenggugat yang berpusat di Gedung DPRD Jawa Timur, Jalan Indrapura, Surabaya, Kamis (26/9) hari ini, diklaim bakal diikuti ribuan orang yang terdiri dari para mahasiswa, pelajar, dan elemen masyarakat sipil lain.

Koordinator Lapangan #SurabayaMenggugat, Zamzam Syahara mengatakan dalam aksi ini mahasiswa, pelajar, dan elemen masyarakat se-Jawa Timur bakal menyuarakan protes atas berbagai permasalahan yang terjadi belakangan.

"#SurabayaMenggugat adalah gerakan mahasiswa, pelajar dan rakyat Indonesia turun ke jalan untuk menyampaikan aspirasinya," kata Zamzam melalui keterangan tertulis kepada CNNIndonesia.com.


Beberapa persoalan yang mendapat sorotan di antaranya penegakan Hak Asasi Manusia, kerusakan lingkungan, serta rencana pengesahan produk legislasi yang mengandung banyak pasal bermasalah.

Zamzam mengatakan setidaknya ada enam poin yang menjadi tuntutan aksi #SurabayaMenggugat. Di antaranya adalah menolak UU KPK, dan sejumlah RUU kontroversial lainn.

"Mendesak Presiden agar menerbitkan Perppu. Menolak sejumlah RUU bermasalah, seperti RKUHP, RUU Ketenagakerjaan, dan RUU Pertanahan," kata dia.

Zamzam menambahkan pihaknya juga mendesak DPR RI segera mengesahkan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual. Serta menuntut pemerintah untuk menyelesaikan kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Kemudian, #SurabayaMenggugat menolak Dwifungsi Aparat dan mendesak pemerintah melakukan dialog dan menyelesaikan kasus HAM yang terjadi di Papua.

Aksi #SurabayaMenggugat ini bakal diawali di Tugu Pahlawan pukul 10.00 WIB. Dari tempat itu massa akan long march menuju DPRD Jawa Timur pada pukul 13.00 WIB.

Pemerintah Kota Surabaya telah mengeluarkan surat edaran ke seluruh sekolah mulai dari TK hingga SMP dan MTs, agar meliburkan murid-muridnya. Kebijakan diambil untuk mengantisipasi aksi #SurabayaMenggugat.

[Gambas:Video CNN] (frd/wis)