Antisipasi Demo di DPR, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

CNN Indonesia | Jumat, 27/09/2019 14:32 WIB
Antisipasi Demo di DPR, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Ilustrasi rekayasa lalu lintas. (CNN Indonesiaa/ Rayhand Purnama).
Jakarta, CNN Indonesia -- Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar Gedung DPR/MPR, Jumat (27/9). Hal ini terkait dengan rencana aksi dari Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI).

Dari selebaran yang diterima CNNIndonesia.com, PB HMI akan menggelar aksi di depan Gedung DPR/MPR. Aksi tersebut bertajuk 'HMI Memanggilmu Aksi Kedaulatan Hukum dan Lingkungan'

"Rekayasa pengalihan dari Rabu kemarin," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP M. Nasir saat dikonfirmasi, Jumat (27/9).


Nasir mengatakan rekayasa lalu lintas tersebut masih bersifat situasional. Artinya tergantung pada situasi dan kondisi di lapangan.

"Rekayasa lalinnya masih situasional ya," ucap Nasir.
Ia menuturkan polisi menerjunkan sebanyak 252 personel lantas untuk berjaga di sekitar lokasi.

Di sisi lain, Kapolsek Tanah Abang AKBP Lukman Cahyono mengungkapkan pihaknya belum menerima surat pemberitahuan aksi demo di sekitar Gedung DPR/MPR.

"Belum ada," ujar Lukman.

Meski begitu, Lukman mengatakan aparat kepolisian terus berjaga di sekitar lokasi untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi.

"Tetap antisipasi," katanya.
Berikut rekayasa lalu lintas yang disiapkan:

- Jalan Gatot Subroto yang mengarah ke Slipi ditutup di bawah flyover Ladogi diarahkan ke Gerbang Pemuda

- Jalan Gerbang Pemuda yang arah ke kiri ditutup dibelokan ke kiri ke arah Jalan Asia Afrika ke Jalan Senayan dan Jalan Pakubuono

-Jalan Asia Afrika ke arah Jalan Gerbang Pemuda ditutup diluruskan ke Jalan Tentara Pelajar dibelokan ke kiri Jalan Tentara Pelajar

- Jalan Tentara Pelajar dari arah Manggala Wanabakti di trafic light ditutup ke Jalan Lapangan Tembak diluruskan ke Jalan Tentara Pelajar arah ke Permata Hijau dan Kebayoran Lama

- Jalan Tentara Pelajar pojok Jalan Gatot Subroto ditutup untuk mencegah lawan arus dan putar balik kendaraan.

[Gambas:Video CNN] (dis/osc)