TNI Evakuasi 3.100 Warga dari Wamena ke Jayapura

CNN Indonesia | Senin, 30/09/2019 10:10 WIB
TNI Evakuasi 3.100 Warga dari Wamena ke Jayapura Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyebut sudah mengevakuasi 3.100 warga dari Wamena. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan TNI telah mengevakuasi ribuan warga dari Wamena ke Jayapura, Papua. dengan menggunakan pesawat Hercules.

"Hingga hari ini, pesawat Hercules terus melaksanakan operasi pengungsian dari Wamena ke Jayapura. Kurang lebih yang sudah kita angkut hampir 3.100 orang," ujar Hadi usai apel kesiapan pasukan pengamanan pelantikan presiden dan wakil presiden di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (30/9).

Hadi tidak menjelaskan secara rinci soal asal warga yang dievakuasi dari Wamena ke Jayapura itu. Ia hanya menyampaikan warga dari Wamena yang dievakuasi ke Jayapura nantinya akan diantar ke daerahnya masing-masing.


Lebih lanjut, Hadi menjelaskan TNI memfokuskan untuk mengevakuasi ibu-ibu dan anak-anak di Wamene. Sementara bapak-bapak termasuk remaja, ia harap tetap berada di Wamena karena agar ekonomi terus berjalan.

"Dan kondisi keamanan di Wamena pun kita jaga karena di sana kita juga tempatkan pasukan dari TNI untuk mendukung kepolisian. Dan TNI pun terus berupaya untuk menjaga dan menciptakan stabilitas keamanan di wilayah Wamena," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]
Di sisi lain, Hadi berkata TNI juga mengerahkan KRI Dr. Soeharso berikut dengan tenaga medisnya untuk mengobati warga yang terluka atau meninggal dunia akibat situasi yang memanas di Wamena. Ia berkata KRI itu saat ini bersandar di Jayapura.

"Saat ini sudah beberapa kali operasi termasuk operasi patah tulang yang dibawa dari korban yang kita bawa dari Wamena kita turunkan di Jayapura," ujarnya.

Lebih dari itu, Hadi mengklaim pesawat Hercules TNI di Jayapura juga telah mengirimkan bantuan kepada warga Wamena sekita kurang lebih 74 ton. Ia berkata bantuan itu berasal dari masyarakat di berbagai wilayah.

(jps/arh)