PPP Usung Arsul Sani dan Dukung Bamsoet Jadi Ketua MPR

CNN Indonesia | Rabu, 02/10/2019 12:19 WIB
PPP Usung Arsul Sani dan Dukung Bamsoet Jadi Ketua MPR PPP resmi usung Arsul Sani jadi pimpinan MPR. (CNN Indonesia/Tiara Sutari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memutuskan mengusung Sekjen PPP Arsul Sani untuk menduduki kursi pimpinan MPR, periode 2019-2024. Hal itu diputuskan dalam rapat DPP PPP yang digelar Senin (1/10) kemarin malam.

"Memang DPP PPP memutuskan tadi malam bahwa untuk pimpinan MPR yang merupakan jatah PPP saya yang diajukan," kata Arsul Sani kepada wartawan di Kompleks MPR/DPR, Jakarta, Rabu (2/10).

Lebih lanjut, Arsul menyatakan surat keputusan tersebut akan diajukan kepada Sekjen MPR hari ini. Ia menjelaskan bahwa PPP sudah secara otomatis mendapatkan kursi pimpinan MPR tersebut. Sebab, UU MD3 mengamanatkan kursi pimpinan MPR akan menjadi milik seluruh fraksi yang ada di MPR.


"Jadi memang baik dalam UU MD3 maupun tatib MPR itu sudah ditetapkan bahwa masing-masing fraksi dan kelompok anggota DPD itu mendapat satu jatah pimpinan MPR," kata dia.


Selain itu, Arsul menyatakan PPP secara tegas mendukung Bambang Soesatyo dari Fraksi Golkar untuk menjadi Ketua MPR. Diketahui, Bambang Soesatyo sendiri sudah mencalonkan untuk bersaing mendapatkan kursi Ketua MPR 2019-2024 ini.

"Saya sampaikan kami mendukung Bamsoet untuk menjadi ketua MPR," kata dia.

Sebelumnya, sebanyak tiga partai politik yakni Gerindra, Golkar, dan PKB disebut akan berebut untuk mendapatkan kursi Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).


Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (DPP PAN) Yandri Susanto mengatakan tiga partai politik itu masih memiliki niat untuk menduduki jabatan tersebut lima tahun mendatang.

"(Ketua MPR) cukup alot karena Gerindra mau, Golkar juga mau, (dan) PKB juga mau," kata Yandri kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Selasa (1/10).

PAN sendiri akan kembali mengusung Zulkifli Hasan untuk menjadi pimpinan MPR. Sementara, Gerindra mengusung nama Sekjen partai Ahmad Muzani.

[Gambas:Video CNN] (rzr/DAL)