ICW Prediksi Jokowi Kena Kutukan Periode Kedua Seperti SBY

CNN Indonesia | Senin, 14/10/2019 16:57 WIB
ICW Prediksi Jokowi Kena Kutukan Periode Kedua Seperti SBY Jokowi dinilai akan kesulitan karena masalah hukum dan politik di periode kedua seperti SBY. (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)
Jakarta, CNN Indonesia -- Indonesia Corruption Watch (ICW) memprediksi Presiden Joko Widodo akan mengalami permasalahan di bidang hukum dan politik yang lebih besar di periode kedua.

Koordinator Divisi Korupsi Politik ICW Donal Fariz menyampaikan hal serupa pernah terjadi di periode kedua pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Acap kali presiden yang memimpin di periode kedua itu gagal atau paling tidak menghadapi turbulensi yang besar, the curse of second period, itu dialami SBY," kata Donal dalam diskusi 'Habis Gelap Terbitlah Kelam' di Menteng, Jakarta Pusat, Senin (14/10).


Donal menyampaikan periode kedua SBY saat itu disibukkan dengan proses hukum dan politik yang tak beres di periode sebelumnya. Sejumlah kasus menyibukkan SBY, seperti korupsi Hambalang, korupsi Bank Century, dan penerbitan UU Pilkada yang mengatur pemilihan presiden oleh MPR.


Dalam kasus Jokowi, kata Donal, masalah akan muncul dari persoalan antikorupsi. Ketidakseriusan Jokowi dalam memperkuat KPK bakal berlanjut di periode selanjutnya.

[Gambas:Video CNN]

Donal menyampaikan tak ada ketegasan yang dibuat Jokowi dalam memerangi korupsi. Padahal ICW mencatat selama lima tahun ada 23 kasus korupsi yang melibatkan anggota DPR RI, dua kasus melibatkan menteri, dan 85 kepala daerah.

"Ke depan kami memproyeksi bahwa isu korupsi penegakan dan reformasi lembaga hukum akan jadi isu anak tiri di pemerintahan periode kedua. Preseden yang sama kita alami selama lima tahun, Jokowi hanya bicara investasi dan perizinan," tutur dia.

(dhf/DAL)