Jokowi di Mata Tukang Cukur dan Rahasia Kecil Herman Pelani

CNN Indonesia | Sabtu, 19/10/2019 10:16 WIB
Di mata tukang cukur pribadi, Herman Pelani, Jokowi merupakan sosok yang sederhana. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia -- Pagi itu, Herman Pelani (41) mendapat panggilan telepon dari Istana. Ia diminta untuk memangkas rambut Presiden Joko Widodo (Jokowi), sebelum menyampaikan pidato kenegaraan di Sidang Tahunan MPR/DPR, 16 Agustus lalu.

Usai jam kerja, Herman langsung bergegas menuju Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Ia tiba petang di Kompleks Istana. Bakda Magrib, Herman baru mulai memangkas rambut Jokowi.

Ia mengatakan Jokowi tak pernah meminta gaya potongan rambut tertentu. Mantan Wali Kota Solo itu hanya berpesan agar rambutnya dibuat lebih rapih. Tidak neko-neko, apalagi yang nyeleneh.


Herman biasanya hanya memotong rambut di sisi samping dan belakang kepala Jokowi. Potongan seperti itu juga mengikuti gaya rambut Jokowi yang kerap menyisir rambut menyamping atau 'belah pinggir'. Ia menamai potongan rambut Jokowi, gaya 'bisnis'.

Pria asli Garut alias 'asgar' itu mengaku tak mendapat banyak waktu dalam setiap mencukur Jokowi. Herman hanya memiliki waktu sekitar 20 sampai 30 menit. Maklum jadwal Presiden padat. Meskipun demikian, hal itu tak menjadi kendala bagi Herman.

Menurut Herman, rambut Jokowi yang tak terlalu tebal membuat dirinya bisa cepat menyelesaikan pekerjaan tanpa melewati batas waktu. Jokowi, kata Herman rutin memangkas rambutnya sekitar dua bulan sekali.

"Grogi itu ya awal-awal grogi, tapi kalau sudah lama-kelamaan sudah biasa aja," ujar Herman ketika berbincang dengan CNNIndonesia.com, awal Oktober.


Sehari-hari Herman bekerja di Barberia Indonesia, yang terletak di pusat perbelanjaan Ibu Kota. Ia sudah menjadi tukang cukur langganan Jokowi selama kurang lebih enam tahun. Herman sampai lupa sudah berapa kali memangkas rambut orang nomor satu di Indonesia itu

Namun, ia masih ingat momen pertama kali mencukur rambut Jokowi, pada tahun 2013. Awalnya anak bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep, yang terlebih dahulu mencukur rambut di tempatnya bekerja.

Ternyata Kaesang merekomendasikan kepada Jokowi. Saat itu Jokowi belum menemukan tukang pangkas rambut yang pas usai resmi menjabat Gubernur DKI Jakarta, mengingat ia baru hijrah dari Solo, Jawa Tengah.

Herman mengaku awalnya ditelepon oleh ajudan Jokowi untuk datang ke rumah dinas Gubernur DKI, di kawasan Taman Suropati, Menteng. Tak berpikir panjang, Herman bergegas. Di sana ia mencukur rambut Jokowi untuk pertama kali.

Tak disangka, Jokowi merasa cocok. Sampai akhirnya Herman yang selalu mencukur rambut Jokowi selama menjabat Gubernur DKI hingga presiden RI.

Herman hanya diminta mencukur rambut Jokowi, ketika sedang berkantor di Jakarta.

Ketika tengah berada di kediamannya, Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat atau di rumah pribadinya, Solo, Jawa Tengah, Jokowi biasa pergi ke tukang cukur langganannya yang lain di dua kota itu.

"Pokoknya kalau beliau ini, kalau mau potong rambut beliau enggak mau ganggu kerja saya. Kalau bisa tuh abis pulang (kerja), enggak mau ganggu kerja," kata Herman.


Selama enam tahun memangkas rambut Jokowi, Herman jadi tahu yang tak disuka ayah tiga anak itu. Menurut Herman, Jokowi tak suka dipijit usai cukur, seperti pada umumnya. Kemudian Jokowi juga tak suka memakai 'pomade' atau 'minyak rambut'.

"Ditawarin juga enggak mau, kan enggak pernah pakai. Cuma dia pakai apa sih? Beliau pernah bilang pakai minyak kemiri itu," tuturnya. Herman akhirnya tahu kalau Jokowi suka memakai minyak kemiri bikinan sendiri.

Sosok Sederhana

Herman melihat Jokowi sebagai sosok yang sederhana. Sejak menjabat sebagai gubernur sampai hari ini menjadi presiden, kata Herman, tak ada perubahan yang mencolok dari Jokowi. Sembari berseloroh, ia menyebut Jokowi lebih 'keren' dan 'bersih' ketika duduk di kursi RI 1.

Kesederhanaan Jokowi, menurut Herman, salah satunya tergambar ketika dirinya datang untuk mencukur. Ia menyebut Jokowi yang selalu lebih dahulu menjulurkan tangannya untuk bersalaman.

"Jadi yang saya lihat tuh kalau saya sudah stand by mau potong rambut, terus beliau datang. Justru tangan beliau yang duluin salaman, tangan beliau yang duluan itu ke saya. Nah itu yang saya salutnya itu," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]

Herman mengaku ketika mencukur Jokowi tak pernah membicarakan masalah politik. Ia dan Jokowi lebih banyak membahas tentang keluarga dan pekerjaan. Perbincangan politik bagi Herman terlalu berat.

Sekali-sekali Jokowi, kata Herman, memberikan saran kepada dirinya. Salah satu pesan Jokowi adalah mendorong agar juga menjual produk-produk lokal alias buatan asli Indonesia di tempat Herman bekerja.

"Lebih masukan gitu, pesannya itu, jadi ngembangin produk lokal," katanya.

Herman punya cerita lain. Suatu waktu, ia pernah tak diizinkan masuk ke Istana Merdeka. Saat itu, Herman datang mengenakan celana jins.

Ia mengaku tak sempat mengganti celana bahan lantaran sudah ditunggu Jokowi yang sedang buru-buru.

Peraturannya memang sudah jelas, para tamu tak boleh mengenakan celana jins saat masuk ke lingkungan Istana.
Jokowi di Mata Tukang Cukur Pribadi: Sederhana, Bawa BerkaHOLHerman Pelani (41), tukang cukur langganan Jokowi sejak enam tahun terakhir. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan).

Karena sudah ditunggu Jokowi, seorang pasukan pengamanan presiden meminjamkan celananya. Herman akhirnya bisa masuk dan memangkas rambut Jokowi. Menurutnya, Jokowi belum tahu peristiwa tersebut.

"Masa kita harus pulang lagi. Itu cerita di bawahnya aja lah, (Jokowi) enggak usah," kata Herman.

Bisa memotong rambut seorang presiden, membuat Herman merasa bangga sekaligus tak mengira. Herman pernah melihat Jokowi sangat senang sekali usai dicukur. Bahkan, ketika itu Jokowi sampai memanggil asistennya untuk melihat potongan rambutnya.

"Jadi kelihatan kan kalau orang yang senang sudah rapi gitu. Soalnya waktu itu sudah lama ya (tidak cukur), karena sibuk, mau potong. Jadi pas potong, pas gitu (hasilnya)," ujarnya.

Mantu Jadi Langganan

Menurut Herman, mencukur rambut Jokowi turut berdampak pada Barberia Indonesia. Banyak orang menjadi tahu lokasi tempatnya bekerja itu. Bahkan, banyak orang yang datang kini menamai tempat itu sebagai 'barber presiden'.

"Jadi enggak fokus ke saya doang. Jadi fokus ke barber ini, sebab di sini tuh (dikenal) jadi barber presiden," kata Herman.

Foto dirinya memotong rambut Jokowi saat menghadiri acara potong rambut massal di Situ Bagendit, Garut, Jawa Barat, pun terpampang di tempatnya bekerja. Foto itu makin menasbihkan tempatnya sebagai barber presiden.

Selain Jokowi dan Kaesang, Herman sempat mencukur rambut Gibran Rakabuming Raka dan menantu Jokowi, Bobby Nasution. Ia mengaku terakhir mencukur mereka sehari sebelum hari kemerdekaan RI, 17 Agustus lalu.

Di antara mereka, hanya Bobby, suami Kahiyang Ayu yang lebih sering memotong rambut di Barberia Indonesia.

"Kalau Mas Kaesang seringnya dia kan di luar, kalau Mas Gibran kan tinggal di Solo, jadi jarang-jarang ke sini," ujarnya.

Herman pun berharap suatu saat bisa turut memotong rambut cucu Jokowi, Jan Ethes Srinarendra.

Makanan Rumahan ala Jokowi

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2