Gerindra: Seluruh Rakyat Harus Gembira Jokowi-Ma'ruf Dilantik

Antara, CNN Indonesia | Minggu, 20/10/2019 08:02 WIB
Gerindra: Seluruh Rakyat Harus Gembira Jokowi-Ma'ruf Dilantik Waketum Gerindra Arief Poyuono meminta seluruh masyarakat Indonesia bergembira sambut hari pelantikan Jokowi-Ma'ruf(CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Arief Poyuono mengatakan bahwa seluruh rakyat Indonesia harus bergembira menyambut hari pelantikan Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai presiden-wakil presiden yang jatuh pada hari ini, Minggu (20/10). Menurutnya, tidak perlu lagi ada masyarakat yang kecewa dengan hasil Pilpres 2019.

Jokowi-Ma'ruf Amin akan dilantik sebagai presiden-wakil presiden di Gedung DPR/MPR, Jakarta, pada hari ini, Minggu (20/10). Pelantikan dipimpin oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo.

"Pelantikan presiden dan wakil presiden ini sebenarnya hari kegembiraan buat seluruh rakyat Indonesia. Semua rakyat harus gembira karena Jokowi dan Ma'ruf Amin terpilih langsung oleh rakyat," kata Arief, di Jakarta, Sabtu.


Arief lantas mengajak masyarakat Indonesia untuk turut menyukseskan kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf pada periode 2019-2024. Dia berharap tidak ada lagi perpecahan seperti yang terjadi pada Pilpres 2019 lalu.

"Sukseskan, doakan, semoga di bawah kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf Amin Indonesia jauh lebih baik, sejahtera dan tidak ada lagi perpecahan. Karena kita, kami semua warga Indonesia," kata Arief.
Arief juga mengingatkan kepada pihak atau oknum yang berupaya membuat kekacauan saat pelantikan. Menurutnya, itu sama saja mengganggu masyarakat karena pelantikan presiden-wakil presiden adalah pesta milik masyarakat secara umum.

"Jangan coba-coba melakukan kekacauan. Ini pesta rakyat, kalau masih ada yang mencoba mengganggu silakan keluar dari Indonesia," kata Arief Poyuono.

Gerindra merupakan rival Jokowi-Ma'ruf pada Pilpres 2019 lalu. Gerindra mengusung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno bersama beberapa partai lain untuk menghadapi Jokowi-Ma'ruf.

Namun, hasil Pilpres 2019 menyatakan Jokowi-Ma'ruf meraih suara lebih banyak. Prabowo-Sandi sempat menggugat hasil Pilpres 2019 ke Mahkamah Konstitusi, namun ditolak.

Waktu terus berjalan. Gerindra seolah tak mau menjadi oposisi di periode pemerintahan Jokowi-Ma'ruf. Mereka membangun komunikasi untuk membuka kans menjadi bagian koalisi pemerintahan.
Sudah ada nama kader Gerindra yang digadang-gadang bakal menjadi menteri. Mereka adalah Edhy Prabowo dan Fadli Zon. Arief Poyuono sendiri yang menyampaikan hal tersebut.

Jokowi-Ma'ruf Amin bakal dilantik sebagai presiden-wakil presiden oleh MPR. Pelantikan dipimpin oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo di Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu (20/10).

Dalam proses pelantikan, Jokowi-Ma'ruf bakal mengucapkan sumpah sebagai presiden dan wakil presiden.

Jokowi diberikan waktu 18 menit terhitung pada pukul 15.12 WIB untuk menyampaikan pidato. Setelah itu, rapat ditutup dengan doa dan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Pelantikan direncanakan rampung pada 15.48 WIB.

Acara pelantikan bakal dijaga oleh 31 ribu pasukan gabungan TNI-Polri.
[Gambas:Video CNN] (bmw/bmw)