22 Menteri Wajah Baru di Kabinet Indonesia Maju Jokowi

CNN Indonesia | Rabu, 23/10/2019 12:28 WIB
Presiden Jokowi didampingi ibu negara Iriana, Wapres Ma'ruf Amin dan istrinya bersama anggota Kabinet Indonesia Maju. (CNN Indonesia/ Yuliyanna Fauzi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi mengumumkan dan melantik jajaran menteri pengisi Kabinet Indonesia Maju. Sejumlah wajah baru didapuk menjadi pembantu Jokowi untuk periode 2019-2024.

1. Mahfud MD
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD adalah sosok yang paling pertama dikenalkan Jokowi di tangga Istana Merdeka pada Rabu (23/10) pagi. Mahfud ditunjuk untuk menjabat Menteri Menkopolhukam.

Setelah tak menjadi pejabat publik, Mahfud diketahui menjadi Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.


Mahfud juga dikenal dekat dengan Istana setelah sempat menjadi calon kuat wakil presiden Jokowi untuk Pilpres 2019. Ini adalah pengalaman kedua Mahfud di kabinet setelah menjadi Menteri Pertahanan pada era Kepresidenan Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

2. Tito Karnavian
Kemudian ada Jenderal Polisi Tito Karnavian. Pria yang baru saja dicopot dari jabatan Kapolri ini dipercaya Jokowi mengurusi Kementerian Dalam negeri.

Selama di kepolisian, Tito dikenal sebagai bintang terang. Ia sempat menjabat Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Densus Antiteror 88 Polri itu. Sebelum itu, pad 2001 lalu, Tito adalah Ketua Tim Kobra yang menangkap Tommy Soeharto terkait kasus pembunuhan Hakim Agung Safiudin.

Prestasi gemilang Tito membuat Jokowi menunjukkan jadi Kapolri pada 2016 silam, menyalip beberapa senior saat menjadi Kapolri. Terlepas dari prestasi, Tito pun terjerat sejumlah kasus kontroversial, seperti barang bukti Buku Merah di KPK.

3. Prabowo Subianto
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto juga masuk dalam jajaran menteri Jokowi. Mantan Danjen Kopassus itu ditunjuk menjadi Menteri Pertahanan.

Masuknya Prabowo ke pemerintahan sangat mengejutkan publik. Sebab ia dikenal sebagai pemimpin oposisi dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan ia dua kali bertarung di pilpres melawan Jokowi.

Wajah-wajah Baru dalam Kabinet Jilid II JokowiKetum Gerindra Prabowo Subianto ditunjuk jadi Menteri Pertahanan. (AP Photo/Dita Alangkara)
4. Johnny G Plate
Sekretaris Jenderal NasDem ini diberikan jatah kursi Menteri Komunikasi dan Informasi oleh Jokowi.

Karier politik Plate dimulai pada 2013 lewat Partai Kesatuan Demokrasi Indonesia (PKDI). Lalu tahun berikutnya ia pindah ke Partai NasDem dan masuk ke DPR dari Dapil NTT I. Kala itu menempati Komisi XI yang mengurusi keuangan, perencanaan pembangunan nasional, perbankan, dan lembaga keuangan bukan bank.

Sebelum dilantik jadi menteri, Plate baru saja dilantik sebagai anggota DPR 2019-2024 karena terpilih lagi dari dapil yang sama.

Plate dikenal sebagai politikus yang lantang membela Jokowi selama Pilpres 2019. Saat itu ia juga dipercaya menjadi Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf.

5. Agus Suparmanto
Posisi Menteri Perdagangan yang juga diisi wajah baru. Politikus PKB Agus Suparmanto dipercaya Jokowi menangani bidang perdagangan di pemerintahan.

6. Ida Fauziyah
Perwakilan PKB, Ida Fauziyah, jadi nama lainnya yang masuk kabinet baru Jokowi. Ida ditunjuk menangani Kementerian Ketenagakerjaan. Ida malang melintang di parlemen.

Dia tercatat menjadi anggota DPR RI sejak berusia 29 tahun pada tahun 1999. Ida juga diketahui pernah maju sebagai calon wakil gubernur Jawa tengah bersama Sudirman Said pada Pilkada 2018.

7. I Gusti Ayu Bintang Darmavati
Perempuan lainnya yang masuk kabinet baru Jokowi adalah I Gusti Ayu Bintang Darmavati. Ayu adalah Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak.  Gusti Ayu Bintang Darmavati ini dikenal juga sebagai I Gusti Ayu Bintang Puspayoga dan sering dipanggil sebagai Bintang Puspayoga.

Bintang Puspayoga adalah istri dari Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia untuk periode 2014-2019. Mengutip berbagai sumber, perempuan berusia 51 tahun ini dikenal sebagai atlet tenis meja di antara perkumpulan istri-istri menteri saat itu. Kecintaannya pada tenis meja ini membuat Bintang pernah dipercaya sebagai Ketua Umum Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Bali di 2010-2014 lalu.

Wajah-wajah Baru dalam Kabinet Jilid II JokowiGusti Ayu Bintang Darmavati(CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
8. Fachrul Razi
Selanjutnya, ada Jenderal purnawirawan TNI Fachrul Razi. Mantan Wakil Panglima TNI 1999-2000 ini ditunjuk Jokowi menjadi Menteri Agama. Dalam sejarah Indonesia, tokoh berlatar belakang militer terakhir yang menjadi menteri agama adalah Tarmizi Taher (1993-1998).

Sebelum diumumkan dan dilantik sebagai menteri, Fachrul Razi adalah Ketua Tim Bravo-5, yakni kelompok tim pemenangan Jokowi-Ma'ruf dalam Pilpres 2019 yang beranggotakan purnawirawan TNI lulusan Akmil angkatan 1970an.

Tim yang terbentuk sejak 2013 ini juga sempat membantu pemenangan Jokowi pada Pilpres 2014 yang maju bersama Jusuf Kalla. Kala itu, Jokowi-JK mengalahkan paslon Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

[Gambas:Video CNN]
9. Terawan
Terawan Agus Putranto, seorang dokter berpangkat Mayjen TNI, ditunjuk Jokowi memimpin Kementerian Kesehatan.

Dokter yang sebelumnya mengepalai RSPAD Gatot Soebroto dan juga bagian dari tim kedokteran presiden itu sempat mengundang polemik terkait terapi cuci otak untuk mengobati stroke.

Metode tersebut pun membuat dirinya sempat menjalani sidang etik di Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan diputuskan pemberhentian keanggotaan per 26 Februari 2018 hingga 25 Februari 2019.
10. Juliari Batubara

Juliari Batubara adalah politikus dari partai pengusung Jokowi, PDIP. Juliari ditunjuk menjabat Menteri Sosial, yang periode sebelumnya dijabat Agus Gumiwang dari partai Golkar. Agus Gumiwang sendiri kini menjabat Menteri Perindustrian.

11. Suharso Monoarfa
Plt Ketua Umum PPP ini dipercaya menangani Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional merangkap Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Suharso lebih dikenal publik setelah menjabat Plt Ketua Umum PPP menggantikan Romahurmuziy. Romi meninggalkan jabatan itu setelah terciduk Komisi Pemberantasan korupsi (KPK) lewat operasi tangkap tangan (OTT).

Masuk kabinet Jokowi bukanlah pengalaman baru sebagai menteri bagi Suharso. Pria yang juga dikenal sebagai pengusaha itu pernah menjabat sebagai Menteri Perumahan Rakyat di era SBY yaitu pada Kabinet Indonesia Bersatu II.


Masih ada 11 menteri lagi di halaman selanjutnya...

Pendiri Gojek Hingga Mantan Aktivis Antikorupsi

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2