22 Menteri Wajah Baru di Kabinet Indonesia Maju Jokowi

CNN Indonesia | Rabu, 23/10/2019 12:28 WIB
Pendiri Gojek Hingga Mantan Aktivis Antikorupsi Nadiem Makarim menjadi Mendikbud di Kabinet Indonesia Maju. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Pendiri Gojek Hingga Mantan Aktivis Antikorupsi

12. Wishnutama Kusubandio
Wishnutama Kusubandio ditunjuk Jokowi menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif . Pria kelahiran 4 Mei 1976 di Jayapura, Papua, ini memiliki kedekatan dengan Jokowi setelah dipercaya memimpin beberapa proyek seperti upacara pembukaan Asian Games 2018.

Wishnutama lebih lama dikenal sebagai tokoh di industri pertelevisian Indonesia. Setelah mengawali karier di Indosiar kemudian TV7 (sekarang Trans7), Wishnutama membidani lahirnya stasiun televisi NET TV.

13. Arifin Tasrif
Selain itu, ada nama Arifin Tasrif yang ditunjuk sebagai Menteri Energi, Sumber Daya, dan Mineral (ESDM). Arifin sebelumnya dikenal sebagai Duta Besar Indonesia untuk Jepang pada 2017.


Lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) ini memiliki pengalaman di bidang BUMN. Dia tercatat sebagai Direktur Petrokimia Gresik mulai 2001 sampai 2010 dan Direktur Utama Pupuk Indonesia pada 2010 hingga 2015.

14. Nadiem Makarim
Kemudian ada nama bos Go-Jek, Nadiem Makarim. Peraih gelar Master of Business Administration dari Harvard Business School itu dipercaya menempati posisi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Nadiem jadi menteri termuda di kabinet baru Jokowi.

Nama Nadiem muncul ke permukaan saat aplikasi layanan antarjemput Go-Jek menyita perhatian publik. Popularitas Nadiem meningkat seiring kemajuan perusahaan rintisan hingga ke tingkat decacorn yang telah memiliki valuasi lebih dari US$10 miliar tersebut.

15. Erick Thohir
Selanjutnya adalah bos grup media Mahaka Group, Erick thohir, juga masuk dalam jajaran pembantu Jokowi. Erick yang pernah menjabat Presiden Klub Inter Milan dipercaya menangani Kementerian BUMN.

Erick diketahui memiliki kedekatan dengan Jokowi setelah membesut INASGOC, Panitia Penyelenggara Asian Games 2018. Erick juga ditunjuk sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf pada Pilpres 2019.

16. ST Burhanudin
Di posisi Jaksa Agung, ada nama dari kalangan profesional yang ditunjuk Jokowi. Mantan Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan dan Barat ini sebelumnya tak diketahui publik menghadap Jokowi sebelum pelantikan. namun ia langsung diumumkan mengganti Jaksa Agung sebelumnya HM Prasetyo.

Wajah-wajah Baru dalam Kabinet Jilid II JokowiST Burhanuddin menjadi jaksa agung di Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2014. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
17. Abdul Halim Iskandar
Nama baru lainnya adalah Abdul Halim Iskandar. Kakak dari Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar itu ditunjuk sebagai Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

18. Edhy Prabowo
Politikus Gerindra Edhy Prabowo.Pria yang pernah meniti karier sebagai militer ini dipercaya menangani Kementerian Kementerian Kelautan dan Perikanan. Waketum Gerindra ini bertamu ke istana untuk ditawarkan posisi menteri bersama Ketum Gerindra Prabowo Subianto pada Senin (21/10) petang.

19. Syahrul Yasin Limpo
Kemudian ada nama Syahrul Yasin Limpo dari Partai Nasdem. Pria yang sebelumnya menjabat Gubernur Sulawesi Selatan ini ditunjuk sebagai Menteri Pertanian dalam kabinet baru Jokowi.

Kedekatan Syahrul dengan Jokowi begitu terlihat di Pilpres 2019. Bahkan Syahrul sempat viral saat mengajak para camat Makassar mengampanyekan Jokowi-Ma'ruf. Ia sempat diseret ke Bawaslu karena tuduhan mengerahkan aparatur negara untuk kampanye capres-cawapres.

20. Teten Masduki
Teten Masduki jadi wajah baru di pemerintahan Jokowi, menjabat Menteri Koperasi dan UMKM. Teten memang tak asing dengan pemerintahan karena pernah menjabat Koordinator Staf Khusus Presiden Jokowi.

Sebelumnya, Teten juga sempat dikenal sebagai aktivis antikorupsi bersama Indonesia Corruption Watch (ICW). Lepas dari ICW, pria kelahiran Garut ini sempat ikut dalam Pilkada Jabar 2013 sebagai Cawagub yang mendampingi Cagub Rieke Diah Pitaloka dari PDIP.

21. Zainuddin Amali
Selain itu ada perwakilan Partai Golkar Zainuddin Amali yang ditunjuk sebagai Menteri Pemuda dan olahraga. Zainuddin sebelumnya merupakan Anggota DPR.

Namun ia tak membidangi kepemudaan dan olahraga, melainkan Komisi II yang membidani soal pemerintahan dalam negeri, otonomi daerah, aparatur dan reformasi birokrasi, kepemiluan, juga reforma agraria

22. Bahlil Lahadila
Bahlil Lahadila, Ketua Umum BPP Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) periode 2015-2019 jadi nama berikutnya yang masuk ke kabinet baru Jokowi. Bahlil yang tercatat sebagai politisi muda Partai Golkar dipercaya menjadi Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). (dhf/kid)
HALAMAN :
1 2