Petugas Sterilisasikan Lokasi Pipa Pertamina Terbakar Cimahi

CNN Indonesia | Rabu, 23/10/2019 14:06 WIB
Polisi akan melakukan olah TKP pipa minyak yang terbakar akibat proyek kereta cepat di kawasan Cimahi karena menunggu sterilisasi petugas Pertamina. Petugas dari Pertamina masih melakukan sterilisasi di lokasi pipa minyak yang terbakar di Kampung Mancong Kelurahan Melong, Cimahi Selatan, Jawa Barat.(CNN Indonesia/ Hugo)
Cimahi, CNN Indonesia -- Petugas dari Pertamina melakukan sterilisasi di lokasi pipa minyak yang terbakar akibat proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Kampung Mancong, Kelurahan Melong, Cimahi Selatan, Jawa Barat, Rabu (23/10) siang.

Pihak polisi berencana melakukan olah tempat kejadian perkara setelah petugas beres melakukan sterilisasi.

"Sampai proses rekan-rekan Pertamina untuk mensterilisasikan minyak-minyak yang ada di permukaan air tuntas, baru nanti kita police line kita perkecil," kata Kapolsek Cimahi Selatan Kompol Sutarman, Rabu (23/10).


Sutarman menerangkan sejauh ini polisi belum melakukan olah TKP karena masih menunggu petugas Pertamina yang sedang melakukan sterilisasi lokasi pipa minyak yang terbakar.


Pantauan di lokasi, tampak garis polisi membentang mengelilingi lokasi pipa minyak yang terbakar. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah warga yang hendak mendekat ke lokasi.

Sejumlah petugas kepolisian pun terlihat sedang berjaga di beberapa titik. Sedangkan petugas pemadam kebakaran dengan beberapa unit kendaraan pancar terlihat siaga di lokasi.

Panggil Sejumlah Saksi

Sutarman mengatakan polisi bakal memanggil sepuluh saksi dalam peristiwa kebakaran pipa pertamina di Cimahi. Mereka merupakan pekerja warga negara indonesia dalam pengerjaan proyek Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

"Sebanyak 10 orang saksi akan dihadirkan hari ini untuk dimintai keterangan," katanya.

Dalam pengerjaan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung di lokasi itu ada sekitar 13 pekerja. Sebanyak 10 orang terdiri dari warga negara Indonesia dan 3 orang warga negara asing.

"Dari tiga orang WNA itu, satu meninggal dunia yang bekerja sebagai operator dari alat berat crane. Sedangkan dua lagi selamat," ujar Sutarman.

Sutarman menambahkan, proses pemeriksaan sendiri saat ini masih berjalan dilakukan di Mapolsek Cimahi Selatan. Pemeriksaan para saksi ini dilakukan untuk membuat terang peristiwa kebakaran yang terjadi pada pipa bahan bakar Pertamina.

Kemarin, PT KCIC mengonfirmasi insiden kebakaran pipa Pertamina terkait dengan proyek konstruksi elevated yang dikerjakan kontraktor Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB).

"PT KCIC menyampaikan bahwa insiden terjadi pada Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) untuk konstruksi elevated yang dikerjakan oleh kontraktor KCJB," kata PR & CSR Manager KCIC Denny Yusdiana dalam rilisnya, Selasa (22/10).

Denny mengatakan pihaknya masih melakukan investigasi lebih mendalam terkait hal itu.

[Gambas:Video CNN]

Sementara itu, Corporate Communication & Community Development Group Head, Dwimawan Heru mengatakan pada pukul 14.00 WIB, kebakaran hebat pipa bahan bakar Pertamina terjadi di lokasi pekerjaan Kereta Cepat Jakarta Bandung, Jalan Tol Padaleunyi arah Cileunyi, Jawa Barat.

"Kebakaran diakibatkan adanya bored pile PT KCIC yang mengenai pipa bahan bakar Pertamina yang menghubungkan Bandung - Cilacap," kata Dwimawan melalui keterangan tertulis, Selasa (22/10).

Kebakaran pipa Pertamina akibat kegiatan proyek kereta cepat itu sempat membuat operasional Jalan Tol Padaleunyi terhambat. Rekayasa lalu lintas pun dilakukan untuk pengguna jalan Tol Padaleunyi arah Cileunyi kemarin.

(hyg/asa)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK