Arteria Dahlan di Komisi Hukum, Mulan Jameela Komisi Energi

CNN Indonesia | Selasa, 29/10/2019 18:19 WIB
Arteria Dahlan di Komisi Hukum, Mulan Jameela Komisi Energi Politikus Gerindra Mulan Jameela. (Foto: Detikcom/Deny Prastyo Utomo)
Jakarta, CNN Indonesia -- DPR RI secara resmi menetapkan susunan para anggota yang tersebar di 11 komisi dan lima alat kelengkapan dewan (AKD) masa bakti 2019-2024 pada Rapat Paripurna Selasa (29/10). Beberapa nama-nama tersohor masih bertahan di beberapa komisi- komisi DPR tersebut.

Misalnya, nama Politikus PDIP, Arteria Dahlan masih bertahan dan kembali menempati Komisi III DPR. Pada DPR periode 2014-2019 lalu, Arteria juga ditempatkan di komisi yang berfokus di isu hukum, hak asasi manusia, dan keamanan itu.

Tak hanya Arteria, Fraksi PDIP lain yang menempati sebagai anggota Komisi III diantaranya adalah Masinton Pasaribu, Herman Hery hingga Idham Samawi.


Sementara Fraksi Partai Golkar kembali menempatkan nama Aziz Syamsudin hingga Bambang Soesatyo dan enam kader lainnya. Sementara itu, Partai Gerindra kembali menempatkan Desmond J Mahesa dan Muhammad Syafi'i bersama enam anggota lainnya di komisi tersebut.


Fraksi Partai Nasdem sendiri menempatkan nama Taufik Basari hingga Hillary Brigitta Lasut beserta 4 kader lainnya di Komisi III. Fraksi PKB sendiri menempatkan Cucun Ahmad Syamsurijal hingga Jazilul Fawaid. Lalu, Fraksi Demokrat menempatkan Hinca Panjaitan hingga Benny K Harman.

Selain itu, Fraksi PKS kembali menempatkan nama Aboe Bakar Alhabsyi hingga Muhammad Nasir Djamil. Lalu Fraksi PAN menempatkan Mulfachri Harahap hingga Sarifudin Sudding. Terakhir, Fraksi PPP kembali menempatkan Arsul Sani di komisi tersebut.

Peran Mulan Jameela

Selain Arteria, terdapat nama pesohor lain seperti R.Wulansari atau yang dikenal dengan nama Mulan Jameela kini ditempatkan Partai Gerindra di Komisi VII DPR. Komisi ini menangani bidang energi, riset, dan teknologi. Dalam laman resmi DPR mitra kerja Komisi VII ada 15 lembaga dan kementerian.

Selain Mulan, Fraksi Gerindra turut menugaskan nama Gus Irawan Pasaribu, Moreno Soeprapto dan empat anggota lainnya di Komisi VII.

Sementara PDIP menugaskan nama Bambang Wuryanto, Adriana Dondokambey dan 10 orang lainnya di komisi tersebut. Golkar sendiri telah menugaskan Alex Nurdin, Maman Abdurahman dan enam nama lainnya. PKB turut menugaskan Syaikhul Islam, Abdul Wahid dan tiga orang lainnya.


Sementara Nasdem menugaskan Sugeng Suparwoto, Charles Mekyansyah dan tiga nama.lainnya di Komisi VII. Demokrat menugaskan nama Sartono Hutomo, Zulfikar H dan tiga kader lainnya.

Sementara PKS menugaskan Tifatul Sembiring, Rofik Hananto dan dua kader lainnya. Fraksi PAN menugaskan Abraham Lunggana atau Haji Lulung, Eddy Soeparno dan dua orang lain. Sementara PPP menugaskan nama Anwar Idris sendirian di Komisi VII.

[Gambas:Video CNN]

Selain itu, Komisi I DPR banyak ditempati oleh nama-nama lama yang kembali duduk di komisi yang membidangi persoalan pertahanan, luar negeri,komunikasi dan informatika, dan intelijen tersebut.

Dari Fraksi PDIP, nama Puan Maharani, TB Hasanuddin, Adian Napitupulu dan 9 nama lainnya ditugaskan di komisi tersebut. Sementara Golkar menugaskan Meutya Hafid, Dave Laksono, Lodewijk Paulus dan 5 kadernya menempati posisi tersebut.


Fraksi Gerindra sendiri kembali menugaskan nama-nama seperti Fadli Zon, Andika Pandu Purgabaya dan lima orang lainnya. Sementara PKB menugaskan Muhaimin Iskandar, Helmy Faishal Zaini dan tiga orang lainnya di Komisi I.

PKS sendiri kembali menugaskan Mantan Ketua Komisi I DPR periode 2014-2019 Abdul Kharis Almasyhari, Jazuli Juwaini, Sukamta dan dua orang lainnya di posisi tersebut. (rzr/asa)