Awasi APBD Rp800 Triliun, Tito Bakal Kumpulkan Kepala Daerah

CNN Indonesia | Rabu, 30/10/2019 22:30 WIB
Awasi APBD Rp800 Triliun, Tito Bakal Kumpulkan Kepala Daerah Mendagri Tito Karnavian bertemu dua Pimpinan KPK, Alexander Marwata dan Saut Situmorang di Kantor Kemendari, Jakarta, Rabu (30/10). (Dok. Puspen Kemendagri).
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian berencana mengumpulkan seluruh kepala daerah pada akhir tahun ini. Ada beberapa hal yang akan ia sampaikan kepada para kepala daerah, salah satunya soal pengawasan APBD 2020 yang mencapai Rp800 triliun.

Hal ini ia katakan usai bertemu dengan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata dan Saut Situmorang.

"Di bulan Desember kita akan melakukan musyawarah mengundang seluruh kepala daerah untuk menyampaikan prioritas-prioritas yang perlu dilaksanakan oleh daerah dalam perencanaannya, mensinkronkan, sekaligus juga mengawasi (APBD) agar tidak terjadi penyimpangan," kata Tito di Kantor Kemendagri, Jakarta, Rabu (30/10) siang


Mantan Kapolri itu menyebut pihaknya dan KPK sedang mengintensifkan pengawasan terhadap sekitar Rp800 triliun uang negara yang ditransfer ke untuk seluruh pemerintah daerah.

Tito mengatakan, pertemuan dengan kepala daerah dilakukan sebagai bagian dari pengawasan dan pembinaan pemerintah pusat terhadap dana itu.

Usai berdiskusi dengan dua pimpinan KPK, dia menyampaikan para kepala daerah harus memastikan anggaran yang telah diberikan harus terserap dengan baik dan sesuai visi Presiden Joko Widodo.

"Tolong kalau ada program-program, rencana untuk tahun 2020 betul-betul disesuaikan selain dengan kebutuhan lokal, dengan visi misi Bapak Presiden," ucapnya.

Sejak dilantik Jokowi pada Rabu (23/10) sebagai Mendagri, Tito selalu menyatakan memfokuskan kerjanya pada pembenahan pemerintah daerah.

Ia menyebut hendak mengubah budaya pemerintah daerah yang merasa berkuasa atas rakyat atau ia sebut dengan budaya feodal. Kemudian Tito juga mengklaim memprioritaskan kerja pada pengawasan anggaran daerah.

[Gambas:Video CNN] (dhf/osc)