Momen Keakraban Sri Mulyani-Prabowo: Sini, Pak, Foto Bareng

Feri Agus, CNN Indonesia | Kamis, 31/10/2019 21:32 WIB
Momen Keakraban Sri Mulyani-Prabowo: Sini, Pak, Foto Bareng Menkeu Sri Mulyani dan Menhan Prabowo Subianto saling melempar canda di depan Presiden Jokowi sebelum rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (31/10). (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Momen keakraban Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tersaji sebelum rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (31/10).

Sebelum masuk dalam pemerintahan, Prabowo diketahui kerap melontarkan kritik ke Sri Mulyani.

Awalnya, Prabowo yang mengenakan kemeja putih lengan panjang berdiri menghampiri Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, yang duduk di seberangnya. Prabowo memberi hormat langsung bersalaman.


Kemudian Prabowo menghampiri satu per satu, mulai dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo.

Lalu Prabowo mendatangi dan berbincang akrab dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto serta Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan. Sesekali tawa keluar di sela perbincangan mereka.

Di era Pipres 2019, Menhan Prabowo Subianto, yang kala itu adalah salah satu capres, melabeli Sri Mulyani sebagai Di era Pilpres 2019, Menhan Prabowo Subianto, yang kala itu adalah salah satu capres, melabeli Sri Mulyani sebagai "Menteri Pencetak Utang". (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Selepas itu, Prabowo kembali ke kursinya. Di tengah jalan menuju tempat duduknya, Prabowo berpapasan dengan Sri Mulyani yang baru masuk dalam ruang rapat, di Kantor Presiden

Mereka pun bertegur sapa. Tak terlihat ada kecanggungan antara mereka berdua. Bahkan, Prabowo menyatakan harus baik-baik terhadap Sri Mulyani. "Harus baik-baik sama Ibu ini," kata Prabowo sambil menuju kursinya.

Prabowo yang duduk bersebelahan dengan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate lantas mengeluarkan termos yang berisi kopi. Ia menuangkan kopinya di tutup termos.

Tak lama usai menikmati kopinya, Prabowo dipanggil oleh Sri Mulyani. Mantan direkur pelaksana Bank Dunia itu mengajak Prabowo foto bersama sebelum rapat dibuka oleh Jokowi.

"Sini Pak Prabowo, biar difoto sama wartawan," ujar Sri. Prabowo pun langsung berdiri dan menghampiri Sri Mulyani. Namun, belum sempat mereka berdua foto bersama, Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin masuk ke ruangan.

Prabowo yang tahu kehadiran Jokowi, langsung memberikan hormat. Sementara itu, Sri Mulyani menyampaikan rencana foto bersama dengan Prabowo.

[Gambas:Video CNN]
"Saya bilang kalau ada Pak Prabowo baru dipotret Pak. Jadi saya bilang, Pak Prabowo ke sini," ujar dia.

Penjelasan Sri Mulyani itu membuat Jokowi tertawa. Prabowo juga ikut tertawa. 

Prabowo lantas menimpali Sri Mulyani. "Kalau Menkeu yang panggil pasti datang," kata Prabowo seraya tertawa.

Suasana cair antara para menteri mengantar rapat terbatas yang dipimpin Jokowi, didampingi Ma'ruf Amin.

Diketahui, sejak era kampanye Pilpres 2019 Prabowo dan pendukungnya kerap mengkritisi kebijakan Menkeu Sri Mulyani, terutama dalam hal utang dan kenaikan gaji PNS jelang Pilpres 2019.

(arh/gil)