Bamsoet Disebut Bakal Tetap Maju Jadi Calon Ketum Golkar

CNN Indonesia | Kamis, 31/10/2019 22:35 WIB
Bambang Soesatyo disebut bakal kembali memanaskan persaingan menuju kursi ketua umum Partai Golkar periode 2019-2024. Ketua MPR yang juga Politikus Partai Golkar, Bambang Soesatyo. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Koordinator Bidang Pratama Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) dipastikan tetap maju menjadi calon Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar periode 2019-2024.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar yang merupakan loyalis Bomsoet, Elvis Junaedi, mengatakan ketua MPR tersebut tidak mungkin mundur dari bursa calon Ketum Golkar.

Dia pun menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan jelang Musyawarah Nasional (Munas) yang diperkirakan berlangsung Desember 2019 mendatang. Namun, Elvis tak merinci persiapan-persiapan yang telah dilakukan itu.


"Insya Allah (maju), Bamsoet enggak mungkin mundur karena tembok di belakangnya. Terus sejauh mana persiapan, tentu kami maju dengan persiapan," kata Elvis kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Kamis (31/10).
Lebih dari itu, dia tak menjawab secara lugas saat ditanya apakah langkah ini melanggar kesepakatan yang kabarnya terjalin antara Bamsoet dengan calon Ketum Golkar petahana Airlangga Hartarto saat pemilihan Ketua MPR beberapa waktu lalu.

Kabar itu menyebutkan bahwa Bamsoet sepakat tidak akan maju menjadi calon Ketum Golkar setelah menduduki jabatan Ketua MPR.

Elvis hanya berkata bahwa hal ini merupakan dinamika politik. Bamsoet sebagai kader Partai Golkar, kata dia, memiliki hak untuk maju sebagai calon Ketum Golkar periode mendatang.

Dia juga berkata bahwa tidak ada aturan yang melarang Bamsoet untuk maju sebagai calon Ketum Golkar, meski telah memangku jabatan Ketua MPR.
[Gambas:Video CNN]

"Balik lagi, sebagai kader (Bamsoet) punya hak. Di satu sisi jabatan MPR itu jabatan politis. Aturan enggak ada, namanya juga politik," kata Elvis.

Bamsoet sendiri belum bersedia memberikan pernyataan terkait hal ini saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Kamis (31/10).

"Nanti saja ya," ucap Bamsoet. (mts/ain)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK