Panglima TNI Orang Pertama Didatangi Kapolri Usai Dilantik

CNN Indonesia | Jumat, 01/11/2019 17:28 WIB
Panglima TNI Orang Pertama Didatangi Kapolri Usai Dilantik Tak lama usai dilantik, Kapolri Jenderal Idham Azis langsung menemui Panglima TNI Hadi Tjahjanto (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kapolri Jenderal Idham Azis mengunjungi Panglima TNI Hadi Tjahjanto di kantor Panglima TNI, Jakarta, Jumat (1/11) tak lama usai dilantik sebagai Kapolri di Istana Negara, Jakarta. Panglima TNI Hadi Tjahjanto adalah orang pertama yang ditemui Idham usai pelantikan.

Pertemuan sekitar 30 menit itu berlangsung tertutup. Wartawan yang meliput tak diperbolehkan masuk dan diminta menunggu di luar pagar. Salah satu personel TNI yang berjaga di pintu gerbang menyebut Idham tiba sekitar pukul 13.00 WIB.

Pantauan CNNIndonesia.com, Idham tampak bersalaman dengan Hadi sebelum memasuki mobil dan meninggalkan lokasi pada pukul 13.36 WIB. Setelah itu, Idham mau pun Hadi tidak memberikan keterangan apa pun kepada awak media.


Sebelumnya Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Muhammad Iqbal mengatakan Idham memang ingin menemui sejumlah tokoh usai dilantik sebagai Kapolri.

Panglima TNI Hadi Tjahjanto adalah orang pertama yang dikunjungi Idham setelah dilantik menjadi Kapolri. Kata Iqbal, dalam kunjungan tersebut, Idham ingin mendengar masukan dari Hadi.
"Saya kira Pak Kapolri tahu persis bahwa TNI adalah mitra terpenting dalam menjaga dan menjamin keamanan. Karena TNI dan Polri adalah dua pilar penting untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Iqbal di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (1/11).

Idham, lanjutnya, merupakan junior dari Hadi Tjahjanto. Maka sudah selayaknya Idham sowan setelah dilantik sebagai Kapolri. Menurut Iqbal, itu wajar dilakukan.

"Tentunya sebagai budaya timur, budaya senior dan junior sesama akademi kepolisian dan angkatan pasti akan silaturahim untuk meminta support, meminta masukan bagaimana sinergitas TNI-Polri yang sudah kuat itu dikuatkan kembali," sambung dia lagi.

Setelah pelantikan Kapolri di Istana Kepresidenan, Idham tampak kembali ke kantornya. Pantauan CNNIndonesia.com, tampak berkunjung pula Kapolda Metro Jaya Gatot Eddy Purnomo.

Setelah itu Idham melaksanakan ibadah salat Jumat di Masjid Al Ikhlas Mabes Polri sebelum bertolak ke Kantor Panglima TNI di kawasan Merdeka Barat, Jakarta.
[Gambas:Video CNN] (ika/bmw)