Jokowi Tugaskan Ma'ruf Amin Urusi SDM dan Ekonomi Syariah

CNN Indonesia | Jumat, 01/11/2019 22:45 WIB
Jokowi Tugaskan Ma'ruf Amin Urusi SDM dan Ekonomi Syariah Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (Dok. GAPKI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyatakan telah mendapat tugas khusus dari Presiden Joko Widodo untuk mengurus pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan perekonomian syariah.

"Secara khusus saya mendapat beberapa tugas. Kemiskinan, stunting, mungkin juga nanti penanggulangan bencana, kemudian juga pemberdayaan ekonomi syariah," ujar Ma'ruf di kantor wapres, Jakarta, Senin (1/11).

Ma'ruf menuturkan, tugas yang ia jalankan saat ini umumnya meneruskan tugas yang dulu diberikan Jokowi kepada mantan Wapres Jusuf Kalla.

Untuk pemberdayaan ekonomi syariah, pihaknya saat ini tengah mendorong perkembangan industri halal. Ma'ruf berharap Indonesia bisa mengembangkan sebagai produsen halal, bukan hanya konsumen.


"Selama ini kan kita baru pada taraf memberi sertifikat, memberi pengakuan kehalalan, kemudian menjadi konsumen, nah ke depan kita harus jadi produsen halal," katanya.

Jokowi dan Ma'ruf Amin resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden setelah dilantik oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada 20 Oktober lalu.

Usai dilantik, Ma'ruf langsung menjalankan sejumlah kegiatan kenegaraan. Ia juga sempat berkunjung ke Jepang untuk menghadiri penobatan Kaisar Naruhito.
(pris/agt)