Anies Kenang Deklarasi Nasional Demokrat Bersama Surya Paloh

CNN Indonesia | Jumat, 08/11/2019 21:43 WIB
Anies Kenang Deklarasi Nasional Demokrat Bersama Surya Paloh Anies Baswedan di Kongres Partai Nasdem yang digelar di Jakrata, Jumat (8/11). (CNN Indonesia/Michael Josua)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenang momen pada kongres pertama Nasional Demokrat bersama Surya Paloh pada 2010. Anies saat itu menjadi salah satu deklarator gerakan yang saat ini sudah menjelma menjadi Partai Nasdem .

Anies mengatakan saat itu Paloh memberi wejangan soal perbedaan dalam demokrasi. Kalimat itu, kata Anies, sangat relevan dengan kondisi demokrasi di Indonesia saat ini.

"Gerakan Nasional Demokrat mencita-citakan demokrasi yang matang menjadi tempat persandingan keberagaman dengan kesatuan, dinamika dengan ketertiban, kompetisi dengan persamaan, kebebasan dengan kesejahteraan. Keseimbangan seperti itulah yang harus dituntaskan di Indonesia," kata Anies dalam Kongres II Partai Nasdem di JI Expo, Jakarta, Jumat (8/11).


Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu berkata kalimat Paloh telah diperjuangkan Nasdem selama ini. Anies pun berkata wejangan Paloh menjadi harapan pemerintahan di Jakarta.

Dalam kesempatan itu Anies berharap kongres Nasdem kali ini bisa kembali meneguhkan pernyataan Paloh pada 2010 itu. Anies melihat ada momen mewujudkan hal itu.

Dia juga menyatakan harapan agar Nasdem bisa menjadi partai yang memastikan keadilan sosial ditegakkan di Indonesia. Sebab Anies merasa masih ada ketimpangan luar biasa, baik di Jakarta maupun daerah lain di Indonesia.

"InsyaAllah, Kongres II ini akan membawa semangat restorasi, semangat berdiri bangsa yang akan membawa Indonesia lebih baik dan Nasdem lebih memberikan kontribusi, manfaat bagi seluruh rakyat di Jakarta dan Indonesia," tutur Anies.

Kongres II Partai Nasdem digelar di JI Expo Kemayoran, Jakarta pada Jumat (8/11) hingga Senin (11/11). Agenda kongres kali ini menentukan ketua umum baru dan sikap partai ke depan setelah pengumuman Kabinet Indonesia Maju oleh Presiden Joko Widodo.

Pembukaan Kongres II Partai Nasdem pada Jumat (8/11) malam dihadiri beberapa tokoh, yaitu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Sekjen Partai Nasdem Johnny G. Plate, Wakil Ketua DPR Rahmat Gobel, dan Menteri KLHK Siti Nurbaya Bakar. (dhf/fea)