Pendaftaran CPNS 2019 Dibuka Mulai Pukul 23.11 WIB Malam Ini

CNN Indonesia | Senin, 11/11/2019 18:20 WIB
Pendaftaran CPNS 2019 Dibuka Mulai Pukul 23.11 WIB Malam Ini Ilustrasi seleksi CPNS. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 atau pendaftaran calon pegawai negeri sipil resmi dibuka pukul 23.11 WIB malam ini, Senin (11/11). Pendaftaran dan informasi tentang formasi CPNS 2019 bisa diakses di situs sscsn.bkn.go.id.

Pendaftaran di situs tersebut dibuka hingga 24 November 2019.

"Hari ini akan ada pembukaan pendaftaran beberapa jam ke depan," ujar Plt Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara Paryono di Kantor Pusat BKN, Cawang, Jakarta Timur, Senin (11/11).


Situs sscsn.bkn.go.id sendiri sudah dibuka sejak 00.00 WIB, Senin (11/11). Namun, situs baru bisa digunakan pengunjung untuk mengakses informasi terkait formasi masing-masing instansi yang masih terus diperbarui setiap satu jam sekali.

"Ada paling tidak 5 modul aplikasi. [Salah satunya] pencarian informasi sudah kami buka jam 07.00 WIB pagi. Khususnya pengunjung sudah bisa melihat formasi-formasi apa saja yang dibuka masing-masing instansi," tutur Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Suhaerman pada kesempatan yang sama.

Dalam laman layanan informasi di sebelah kanan atas situs, dapat diakses informasi terkait nama instansi, jabatan, lokasi, pendidikan, jenis informasi dan jumlah formasi.

Selain dapat mengakses formasi dari setiap instansi yang membuka lowongan, pengunjung juga dapat mengakses laman pernyataan yang paling sering disampaikan oleh calon pendaftar (Frequently Asked Question) (FAQ). Pengunjung juga bisa mengunduh Buku Petunjuk Pendaftaran CPNS 2019 dalam situs tersebut.

Untuk mengantisipasi membludaknya pengunjung situs tersebut yang berimbas pada performa laman melayani proses pendaftaran CPNS 2019, Suhaerman mengatakan pihaknya sudah membuka lima server tambahan sejak Senin pagi.

Suhaerman setidaknya 3,7 juta peserta melakukan pendaftaran CPNS pada tahun lalu. Dan diperkirakan jumlah peserta yang mendaftar di tahun ini bisa naik 10 sampai 15 persen.

"Tadi malam kita masih menggunakan satu server, tapi itu tiba-tiba hit-nya tinggi jam 7 pagi. Tadi pagi kita buka lima server tambahan," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]

Kapasitas penyimpanan pada situs ketika proses pendaftaran sudah dibuka juga akan dimaksimalkan dengan meninjau jumlah pendaftar. Sementara ini BKN sudah mengalokasikan penyimpanan sebesar 5 tera.

Pengawasan terhadap akses situs juga dilakukan bukan hanya dari pihak BKN, tapi bersamaan dengan provider yang bekerja sama dalam mengelola situs SSCASN yakni Telkom.

"Telkom dan BKN standby untuk mengantisipasi segala kemungkinan. Kalau dilihat dari traffic kelihatan antusiasme masyarakat luar biasa besar," tutur Suhaerman kembali.

Sejak pagi tadi, Suhaerman mengatakan setidaknya sudah ada 20 ribu pengunjung yang mengakses situs SSCSN secara bersamaan. Itu dilakukan para pengunjung, salah satunya untuk mencari tahu formasi dan syarat CPNS 2019.

(fey/kid)