Tito Kumpulkan Pimpinan Daerah Dengarkan Visi Jokowi

CNN Indonesia | Rabu, 13/11/2019 11:41 WIB
Tito Kumpulkan Pimpinan Daerah Dengarkan Visi Jokowi Mendagri Tito Karnavian kumpulkan semua kepala daerah utnuk mendengarkan visi Jokowi. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengumpulkan 2.693 orang kepala daerah dan kepala satuan wilayah TNI, Polri, dan Kejaksaaan, di Sentul, Bogor, Rabu (13/11).

Dalam sambutannya, Tito mengatakan pengumpulan para pimpinan daerah dilakukan untuk mendengarkan visi Presiden Joko Widodo untuk menjalankan pemerintahan di periode 2019-2024.

"Pak Presiden, hari ini hadir 2.693 orang, terdiri dari kepala daerah, DPRD, kepolisian, kejaksaan, TNI. Kami siap mendengarkan arahan Bapak. Mungkin banyak informasi yang kami dengar dari media, tapi kami ingin mendengar langsung visi Bapak untuk pembangunan lima tahun ke depan," kata Tito saat membuka Rakornas Indonesia Maju di Sentul International Convention Center, Bogor, Rabu (13/11).


Tito berujar rakornas ini dihelat untuk menyamakan visi pemerintah pusat dengan pemerintah daerah. Dia berharap setelah pertemuan ini pimpinan daerah bisa mendukung kebijakan Jokowi lewat kebijakan dan anggaran.

Mantan Kapolri itu menerangkan rakornas ini akan menghadirkan para menteri Kabinet Indonesia Maju sebagai pembicara. Mereka akan mengisi delapan diskusi panel berbeda.

[Gambas:Video CNN]
Dalam susunan acara yang diterima CNNIndonesia.com, Panel I diisi Menko Polhukam Mahfud MD, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan, dan Menko PMK Muhadjir Effendi. Panel II diisi Mendikbud Nadiem Makarim, Menteri Agama Fachrul Razi, serta Menkeu Sri Mulyani, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Manoarfa.

Lalu, Panel III akan menghadirkan Menteri Pertanian Yasin Limpo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menhub Budi Karya, Menteri Kominfo Johnny G Plate, dan Menteri Desa Abdul Halim Iskandar.

Panel IV akan diisi Menteri Hukum dan HAM Yasonna, Menpan RB Tjahjo Kumolo, Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menaker Ida Fauziyah, dan Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil. Panel V terdiri dari Mendag Agus Suparmanto, Meperin Agus Gumiwang, Menteri Koperasi Teten Masduki, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Lalu Panel VII dihadiri Irjen Kemendagri Tumpak Haposan Simanjuntak, Ketua KPK Agus Rahardjo, Ketua BPK Agung Firman Sampurna, dan Kepala BPKP Dr Ardan Adiperdana. Lalu Panel VIII menghadirkan Jaksa Agung ST Burhanuddin, Kapolri Idham Aziz, dan Panglima TNI Hadi Tjahjanto.

"Bahwa acara ini top down. Meskipun ada tanya jawab, top down, yaitu pemerintah pusat menyampaikan apa pokok pikirannya yang perlu dipahami daerah ditampung dan sinkronisasi APBD," ucap Tito.

(dhf/arh)