Menteri LHK Perintahkan Dirjen Cek Pencemaran Bengawan Solo

CNN Indonesia | Jumat, 29/11/2019 15:33 WIB
Dari kajian Pemprov Jawa Tengah, Sungai Bengawan Solo tercemar limbah dari mulai limbah tekstil, ciu, hingga kotoran babi. Menteri KLHK Siti Nurbaya Bakar. (CNN Indonesia/ Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar menyatakan telah memerintahkan bawahannya untuk mengecek Sungai Bengawan Solo yang tercemar limbah.

"Saya sudah minta pak dirjen turun, nanti dilihat aja masalahnya apa," ujar Siti saat ditemui di kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Jumar (29/11).

Siti mengaku belum mengetahui penyebab munculnya limbah tersebut hingga membuat video pencemaran itu viral di media sosial. Ia menyatakan akan mengecek lebih lanjut usai mendapat laporan terkait pencemaran tersebut.


"Saya belum dapat infonya. Nanti saya cek," katanya.

Sungai Bengawan Solo tercemar berbagai limbah, mulai dari limbah tekstil, minuman beralkohol ciu, hingga kotoran dari peternakan babi. Hal itu diketahui dari simpulan sementara pengkajian yang dilakukan Pemprov Jawa Tengah.
[Gambas:Video CNN]
Kendati demikian Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memastikan pencemaran ini tak mengganggu pasokan air ke warga Jawa Tengah. Dia meminta PDAM sebagai BUMD pemasok air untuk tidak mengambil air dari Bengawan Solo.

Pemprov Jateng juga disebut sudah mengeluarkan surat edaran (SE) kepada bupati/wali kota di daerah aliran sungai (DAS) Bengawan Solo. Inti surat edaran itu adalah memerintahkan bupati/wali kota untuk melakukan identifikasi sumber pencemaran Bengawan Solo.
(psp/sur)