Presiden PKS Temui Pengurus Persekutuan Gereja Indonesia

CNN Indonesia | Rabu, 11/12/2019 20:59 WIB
Presiden PKS Temui Pengurus Persekutuan Gereja Indonesia Presiden PKS Sohibul Iman. (CNN Indonesia/ Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman melakukan kunjungan ke kantor pengurus Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI). Kunjungan itu sebagai bagian silahturahmi sekaligus mencari pertemanan.

Sohibul mengatakan, kunjungan itu sebagai bagian dari silahturahmi kebangsaan yang sebelumnya telah dilakukan dengan mengunjungi sejumlah partai politik dan ormas. Terakhir, PKS mengunjungi PP Muhammadiyah.

"Ya saya katakan jelas mencari teman karena pada dasarnya seribu teman belum cukup, satu lawan itu kebanyakan," kata Sohibul kepada wartawan usai pertemuan di kantor Sekretariat PGI, Rabu (11/12).


"Jadi kami kawan banyak tapi tentu kami tidak merasa bahwa itu cukup. Kami harus cari teman," tambah dia.

Kendati demikian, Sohibul menampik bahwa pertemuan kedua pihak ini bermuatan politik. Menurutnya, PKS tidak akan membicarakan hal-hal bermuatan politik jika bertemu dengan ormas.

Ia pun menolak apabila pertemuan tersebut dikatakan untuk memperkuat PKS dalam Pilkada 2020 mendatang.

[Gambas:Video CNN]
Dalam pertemuan itu, kata Sohibul, PKS dan PGI berusaha untuk menjalin komunikasi untuk saling memahami di tengah perbedaan yang mencolok antara kedua pihak.

"Mungkin PKS mengimajinasikan hal yg buruk tentang PGI, juga mungkin PGI mengimajinasikan hal yg buruk tentang PKS. Nah untuk mereduksi imajinasi dan prejudice itu maka kami sepakat perlu ada komunikasi," jelas dia.

Sementara itu, di waktu yang sama, Ketua Umum PGI Henriette Tabita juga mengapresiasi PKS. Ia pun menantikan pertemuan lanjutan dan kerja sama lain yang melibatkan keberagaman.

"Jadi saya kira kami semua sangat gembira dengan percakapan ini dan semoga ini akan berlanjut terus," kata dia.

Pantauan CNNIndonesia.com, Sohibul dan Henriette melakukan pertemuan tertutup di lantai dua Kantor PGI. Pertemuan berlangsung sekitar 1,5 jam.

Terlihat Sohibul hadir didampingi Sekjen PKS Mustafa Kamal, Bendahara Umum PKS Mahfuzi Abdurrahman, dan beberapa kader lainnya. (mjo/osc)