Gibran dan Bobby Maju Pilkada, Jokowi Bantah Bangun Dinasti

CNN Indonesia | Kamis, 12/12/2019 15:25 WIB
Gibran dan Bobby Maju Pilkada, Jokowi Bantah Bangun Dinasti Presiden Joko Widodo. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menepis anggapan bahwa dirinya tengah membangun dinasti politik setelah putranya Gibran Rakabuming Raka dan menantunya Bobby Nasution memutuskan maju dalam Pilkada serentak 2020.

Gibran berencana maju dalam Pemilihan Wali Kota Solo, Jawa Tengah, sementara Bobby akan mengikuti kontestasi pada Pemilihan Wali Kota Medan, Sumatera Utara.

"Ini kompetisi, bukan penunjukan. Beda. Tolong dibedakan," kata Jokowi usai meresmikan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek KM 38, Kamis (12/12).


Jokowi menyatakan bahwa Gibran maupun Bobby akan mengikuti sebuah kompetisi yang dipilih secara langsung oleh rakyat. Menurutnya, semua keputusan ada di tangan rakyat dalam menggunakan suaranya.

"Itu kan sebuah kompetisi. Kompetisi itu bisa menang bisa kalah. Terserah rakyat yang memiliki hak pilih," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]
Terkait dengan Gibran yang sudah resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon Wali Kota Solo ke DPD PDIP Jateng, Jokowi tak mau berbicara banyak. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta ditanyakan langsung ke Gibran.

"Kan sudah saya sampaikan bolak-balik. Bahwa itu sudah menjadi keputusan. Tanyakan langsung ke anaknya," tuturnya.

Gibran mendaftarkan diri sebagai bakal calon Wali Kota Surakarta dalam Pilkada 2020. Gibran mendaftar Pilkada Solo lewat PDIP.

"Kami berkumpul di Graha Sabha tidak hanya mengantar seorang Gibran mendaftarkan ke DPD PDIP Jateng, tetapi karena kami disatukan oleh cita-cita yang sama agar Solo melompat lebih maju," kata Gibran di sela acara pemberangkatan rombongan relawan pendukung di Graha Sabha Solo, Kamis (12/12), seperti dilansir Antara.

Gibran daftar pilkada diantar setidaknya oleh sekitar 1.000 relawan dengan menggunakan 20 armada bus dari Solo menuju DPD PDIP di Semarang. (fra/osc)