Polri Terjunkan 100 Ribu Personel dalam Operasi Lilin 2019

CNN Indonesia | Kamis, 12/12/2019 22:35 WIB
Polri Terjunkan 100 Ribu Personel dalam Operasi Lilin 2019 Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono. (CNN Indonesia/ Patricia Diah Ayu Saraswati).
Jakarta, CNN Indonesia -- Polri menerjunkan 100 ribu personel untuk Operasi Lilin 2019 yang bakal digelar mulai 23 Desember hingga 1 Januari. Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono mengatakan ratusan ribu personel bakal tersebar dari wilayah Aceh hingga Merauke.

"Ada 100 ribu lebih untuk personel yang kita siapkan dari Aceh sampai Merauke," kata Argo di Mabes Polri, Kamis (12/12).

Argo menuturkan setiap Polda juga telah melakukan pendataan informasi yang telah diserahkan kepada Asisten Operasi Kapolri. Data tersebut digunakan untuk memetakan prioritas pengamanan saat perayaan Natal dan Tahun Baru.


Prioritas pengamanan itu juga untuk mencegah terjadinya penumpukan kendaraan atau kemacetan saat arus mudik.

"Contohnya Jawa, Lampung, Banten, Jakarta, Jabar, Jateng, Jatim, Bali, NTT, Maluku, Papua dan Papua Barat, prioritas pertama pengamanan berkaitan dengan operasi lilin," tuturnya.

Selain itu, kata Argo, pihaknya juga telah menyiapkan pengamanan di berbagai tempat rekreasi dan perbelanjaan saat libur Natal dan Tahun Baru.

Argo menambahkan, kepolisian juga berkoordinasi dengan pihak setempat terkait pengamanan ibadah Natal, baik yang diselenggarakan pada 24 Desember atau 25 Desember.

"Tentunya semua jajaran di Polres akan berkomunikasi dengan gereja, didata kegiatannya," ucap Argo.

[Gambas:Video CNN]
10 Ribu Personel Amankan Natal dan Tahun Baru di Jakarta


Sementara itu dalam rangka pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 di Jakarta, Polda Metro Jaya menerjunkan 10 ribu personel gabungan.

"Kekuatan personel sekitar 10.000 lebih kita turunkan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Kamis (12/12).

Selain menerjunkan personel pihaknya juga menyiapkan 95 pos pengamanan serta 27 pos pelayanan masyarakat di sejumlah wilayah di Jakarta.

Yusri menyebut, Polda Metro Jaya juga telah berkoordinasi dengan pihak terkait dalam rangka pengamanan tersebut. Tujuannya, untuk memastikan perayaan Natal dan Tahun Baru berjalan dengan lancar.

"Kita juga kerja sama dengan stakeholder lain terutama dengan TNI dan pemerintah daerah untuk kesiapan penempatan (personel gabungan) di titik yang ada," tutur Yusri.

Lebih lanjut Yusri memastikan situasi keamanan di Jakarta masih kondusif jelang perayaan Natal dan Tahun Baru. (dis/osc)