Surya Anta cs Berencana Jalani Sidang Perdana Pakai Koteka

CNN Indonesia | Senin, 16/12/2019 10:52 WIB
Surya Anta cs Berencana Jalani Sidang Perdana Pakai Koteka Aktivis Papua Surya Anta akan menjalani sidang perdana kasus makar, Senin (16/12). (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Juru Bicara Front Rakyat Indonesia untuk West Papua (FRI-WP) Surya Anta dan lima mahasiswa Papua yakni Issay Wenda, Arina Elopere, Charles kossay, Ambrosius Mulait, dan Dano Tabuni akan menjalani sidang perdana dengan agenda pembacaan dakwaan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat hari ini, Senin (16/12).

"Iya benar hari ini, jam 11.00 WIB (agenda pembacaan dakwaan)," kata pengacara Tim Advokasi Papua Michael Hilman kepada CNNIndonesia.com saat dikonfirmasi.

Michael menerangkan dalam persidangan hari ini akan ada sejumlah orang yang melakukan aksi solidaritas untuk mendukung enam aktivis tersebut.


Selain itu, Surya Anta dkk pun merencanakan untuk mengenakan pakaian adat Papua selama persidangan.

"Para tersangka akan memakai atribut Papua yaitu koteka kalau hakim izinkan," jelas dia.

[Gambas:Video CNN]
Sebagai informasi, kasus dugaan makar ini telah berlanjut ke meja hijau setelah Hakim tunggal praperadilan Agus Widodo menolak keseluruhan poin permohonan praperadilan yang diajukan oleh enam aktivis Papua, Selasa (10/12).

Dalam salah satu pertimbangannya, Hakim Agus Widodo menilai permohonan praperadilan tersebut cacat formil dan materil. Hakim juga sempat menyinggung soal penggunaan 'Cq' dan institusi kepresidenan sebagai salah satu pihak termohon dalam permohonan.

Surya Anta dkk sendiri sebelumnya dijerat dengan kasus makar akibat pengibaran bendera bintang kejora di seberang Istana Merdeka, beberapa waktu lalu.

(mjo/arh)