Polda Metro Amankan 1.559 Gereja Saat Natal, 57 Prioritas

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 18/12/2019 10:14 WIB
Polda Metro Jaya melakukan pengamanan 1.559 gereja di Jakarta selama Natal 2019. Sebanyak 57 di antaranya mendapatkan prioritas. Polisi menetapkan ada 57 gereja prioritas di DKI Jakarta dan sekitarnya untuk diamankan saat natal. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebanyak 57 gereja di wilayah DKI Jakarta mendapatkan prioritas pengamanan dari Polda Metro Jaya saat ibadah Natal 2019.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan prioritas pengamanan itu dilakukan lantaran gereja tersebut berdekatan dengan tempat ibadah lain.

"Ada beberapa gereja yang kita skala prioritas, ada 57 gereja yang memang gereja itu berdekatan dengan tempat ibadah lain," kata Yusri dalam keterangannya, Rabu (18/12).


Namun, Yusri tak merinci gereja mana saja yang bakal mendapat prioritas pengamanan. Untuk wilayah Jakarta, pengamanan saat ibadah Natal bakal dilakukan di 1.559 gereja.


Yusri menuturkan untuk gereja yang menjadi prioritas pengamanan bakal dilakukan sterilisasi oleh Tim Gegana Polda Metro.

Selain itu, kepolisian juga bakal menyampaikan ke pihak gereja untuk mengimbau masyarakat yang akan beribadah agar tidak membawa tas besar.

"(Agar) pada saat pemeriksaan nanti bisa memperlancar, kalau bawa tas kan makan waktu," ujar Yusri.


Lebih lanjut, kata Yusri, kepolisian juga berkoordinasi dengan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) NU untuk pengamanan gereja.

"Kita juga berkoordinasi dengan teman-teman ormas, salah satunya Banser, kita sepakat mengamankan malam Natal," ucap Yusri.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya diketahui menerjunkan 10 ribu personel gabungan dalam rangka pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 di Jakarta.

Selain menerjunkan personel pihaknya juga menyiapkan 95 pos pengamanan serta 27 pos pelayanan masyarakat di sejumlah wilayah di Jakarta.


[Gambas:Video CNN] (dis/pmg)