Pemprov Bongkar Loksem PKL Tanah Abang untuk Angkutan Umum

CNN Indonesia | Selasa, 11/02/2020 03:09 WIB
Pemprov Bongkar Loksem PKL Tanah Abang untuk Angkutan Umum Ilustrasi PKL Tanah Abang. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membongkar kawasan Lokasi Sementara (loksem) Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berada di kawasan Tanah Abang. Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi menjelaskan pembongkaran akan dilakukan dalam waktu dekat.

"(Loksem) JP 15 itu akan kami hapus akhir Februari, kami sudah sosialisasi (kepada pedagang)," kata Irwandi saat dihubungi, Senin (10/2).

PKL Tanah Abang di kawasan Jalan Jati Baru, Pemprov akan dipindahkan ke kawasan Lokasi Binaan (Lokbin) Cempaka Sari dan Pasar Pisang Palmerah. Pedagang juga akan direlokasi ke Blok F Pasar Tanah Abang.
Dijelaskan Irwandi bahwa pembongkaran lokasi ini untuk menindaklanjuti proyek PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek untuk mengintegrasikan sejumlah angkutan umum. Nantinya kawasan bekas Lokasem akan dijadikan tempat titik bertemunya pengguna Transjakarta, angkot serta kereta commuter line.

"Lokasi itu juga akan menjadi tempat para pengemudi ojek online menunggu penumpang. Para pedagang nantinya bisa berjualan secara gratis selama enam bulan pertama. Hari Rabu rencananya kami pindahkan, ada 149 (PKL)," jelas dia.

Selain PKL, Pemerintah juga berencana membongkar bekas rumah dinas Camat Tanah Abang yang berdekatan di kawasan tersebut. Seluruh kawasan itu diharapkan dapat mempermudah pergerakan masyarakat dalam berpindah transportasi.

"Nanti TransJakarta bisa manuvernya lebih enak, ojek online enggak mangkal di jalan lagi. Begitu penumpang turun di situ, langsung ojek online jemput, TransJakarta jemput, Jak Lingko jemput," tutup Irwandi.

Diketahui PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek  merupakan perusahaan patungan antara PT KAI dan MRT Jakarta. Perusahaan ini akan menata sejumlah stasiun, yakni Stasiun Sudirman-Dukuh Atas, Tanah Abang, Juanda, dan Senen.


(ctr)