Warga Natuna Demo Adang Kedatangan WNI dari Wuhan

CNN Indonesia | Minggu, 02/02/2020 11:44 WIB
Warga Natuna, kembali melakukan demonstrasi di kawasan Lanud Raden Sajad Saleh untuk mengadang kedatangan 243 WNI yang dipulangkan dari Wuhan, China. Warga Natuna demo menolak kedatangan WNI dari Wuhan. (Foto: ANTARA FOTO/Cherman)
Jakarta, CNN Indonesia -- Warga Natuna, Kepulauan Riau kembali melakukan demonstrasi di kawasan Pangkalan Udara (Lanud) Raden Sajad Saleh, Natuna untuk mengadang kedatangan 243 WNI yang dipulangkan dari Wuhan, China.

Warga Natuna menolak daerahanya dijadikan sebagai tempat observasi dan karantina. Massa telah mendatangi Bandara Raden Sajad Saleh sejak pukul 09.00 waktu setempat.

"Massa melakukan aksi bakar ban sekitar 1 jam 30 menit lalu mereka bergerak kembali di DPR bertemu beberapa perwakilan di DPR. Mereka juga melakukan aksi yang sama [bakar ban]," lapor jurnalis CNN TV Ramdani, Minggu (2/2).


Massa menolak Natuna sebagai tempat observasi dan karantina WNI dari Wuhan lantaran menilai fasilitas kesehatan di Natuna tidak lengkap. Mereka juga khawatir muncul virus corona di wilayahnya.

"Masyarakat takut virus itu menyebar di Natuna, mengingat Natuna lokasinya sangat kecil," ucapnya.

[Gambas:Video CNN]

Ia mengatakan beberapa aparat keamanan disiagakan untuk mengawal aksi demonstrasi tersebut. Sebelumnya, warga juga telah melakukan aksi yang sama pada Sabtu (1/2) di Kantor DPRD Natuna.

WNI dari Wuhan sendiri telah bertolak dari Bandara Hang Nadim, Batam ke Lanud Raden Sajad Saleh, Natuna. Ramdani melaporkan tenaga medis tambahan untuk proses observasi dan karantina telah datang pada Sabtu (1/1) kemarin.

"Kepala RSUD Natuna mengatakan sarana dan prasarana yang dimiliki rumah sakit di Natuna dan personel perawat, kalau mereka (WNI dari Wuhan) diarahkan ke RS Natuna tidak siap. Kalau pun dijadikan rujukan mereka mengharapkan dukungan personil tenaga medis dan sarana prasarana yang harus dilengkapi," lapornya.

Sebagai informasi, pemerintah memutuskan untuk memulangkan 243 WNI dari Provinsi Hubei, China. Sebanyak 243 orang itu terdiri dari 240 orang dewasa dan 3 orang anak kecil.

Pesawat pengangkut WNI tersebut mendarat di Bandara Hang Nadim, Batam pada pukul 08.45 WIB. Mereka kemudian diangkut menggunakan pesawat militer ke Natuna.

Warga Natuna Demo Adang Kedatangan WNI dari WuhanFoto: CNN Indonesia/Fajrian
(ulf/evn)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK