Politisi NasDem Klaim Tujuh Fraksi Dukung Pansus Banjir DKI

CNN Indonesia | Sabtu, 11/01/2020 06:18 WIB
Politisi NasDem Klaim Tujuh Fraksi Dukung Pansus Banjir DKI Ilustrasi banjir Jakarta. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebanyak kurang lebih tujuh fraksi di DPRD DKI Jakarta disebut sepakat untuk mengajukan pembentukan panita khusus (Pansus) soal banjir Jakarta.

Anggota dari Fraksi NasDem Ahmad Lukman Jupiter mengatakan bahwa tujuh fraksi sepakat karena melihat banjir yang melanda Jakarta awal tahun kemarin sangat merugikan masyarakat.

Fraksi yang disebut Jupiter menyetujui pembentukan pansus tersebut katanya, NasDem, Golkar, PDI Perjuangan, PSI, PAN, PKB dan Demokrat.


"Dalam rapat lintas fraksi kita memutuskan untuk mewujudkan pansus banjir. Ini diperlukan sebetulnya untuk membela dan menyelamatkan rakyat Jakarta," kata Jupiter kepada CNNIndonesia.com, Jumat (10/1) malam.

Jupiter menekankan pansus ini bukan untuk menyerang pribadi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Pansus dibentuk untuk membenahi Jakarta supaya masalah banjir bisa segera diatasi.

"Jadi sebenarnya pansus ini kita gulirkan bukan untuk menyerang pribadi dan bukan untuk mengganggu kepemimpinan gubernur DKI Jakarta," ujar dia.

"Namun justru lebih kami tekankan kami mencari solusi terkait data informasi kemudian investigasi terhadap pemerintah dalam penanganan banjir," lanjut Jupiter.

[Gambas:Video CNN]
Lebih lanjut Jupiter mengkritisi bahwa kinerja Anies terhadap penanganan banjir perlu dikritisi karena anggaran penanganan banjir dirasa minim yakni sekitar Rp600 miliar. Angka ini menurut Jupiter tidak mencerminkan keseriusan eksekutif untuk menangani banjir.

"Akibatnya dampak kejadian itu berulang terjadi selalu persoalan Jakarta banjir. Sementara musim hujan selalu ada," ungkap dia.

Rencannya pekan depan perwakilan setiap fraksi akan kembali berkumpul untuk memutuskan pansus ini. Pansus nantinya akan dibentuk oleh Badan Musyawarah (Bamus). "Kalau tidak ada perubahan pekan depan kita akan ada pertemuan lagi," tutup dia.

(ctr/agt)